Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Diah Indah Suwarni, Surti Kurniasih, Raden Teti Rostikawati

Judul : Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Demonstrasi Reciprocal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Siswa SMP PGRI Suryakencana Cileungsi Kabupaten Bogor
Abstrak :

 This research was a collaboratively classroom action among researcher, observer, and researched object. The purpose of this research was to improve student learning outcomes. The experiment was conducted from April to May 2016 in class VII H Junior High School PGRI Suryakencana. In this study there were 35 students. This class consisted of 17 female students and 18 male students with different characteristics. There are 4 stages for every cycle: planning, implementation, observartion, and reflection. After Think-Talk-Write (TTW) learning model and Reciprocal demonstration in cycle one was applied, student’s average score gained 70,11 with 62,82% for Minimum Mastery Criteria. In cycle two, it increased into 74,66 with 77,14% for Minimum Mastery Criteria. Moreover, student activity in learning process was increasing for every cycle. Cycle 1 gave 67,32%, meanwhile cycle 2 gave 79,29%. It collerated with increasing student’s enthusiasm. Based on the results it can be concluded that the application of Learning Model Think-Talk-Write (TTW) and Reciprocal Demonstration could improve learning outcomes of students of class VII H Junior School PGRI material Suryakencana ecosystem.

Tahun : 2021 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 8 / 3 / 2018
ISSN/ISBN : 2443-3268
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi :
Bibliography :

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Putra. Ethnosia, Merdesa. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Reciprocal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bogor. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, Bogor. Fatmawati, Dwitya Nadia. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas X-1 SMA AL Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Iru, La dan Safiun Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan Metode, Strategi, dan ModelModel Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo. Nurhayati, Eva Syarifah. 2008. Efektifitas Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Bidang Studi Fiqih di MTS Soebono Mantofanim Jombang Ciputat-Tangerang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Uin Syarif Hidayatullah. Jakarta. Rubiyo. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI pada Sub Kompetensi Perbaikan Sistem Kopling di SMK Ma'arif 1 Nanggulan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik. Universitas Negeri. Yogyakarta. Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu untuk Meningkatkan Profesional Guru. Jakarta: Galia Indonesia. Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara. Wijoyo, Slamet Haryadi Suryo. 2006. Peningkatan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Singa Raja. Laporan Penelitian Dosen Muda . Singaraja: Universitas Ganesha Singaraja. Yennita, Abas. 2006. Pengaruh Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Metode Diskoveri Inkuiri terhadap Kemampuan Analisis dan Sintesis Siswa SLTP Negeri 11 Kota Bengkulu. Laporan Penelitian Dosen Muda. Bengkulu: Universitas Bengkulu. 

URL : https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jpi/article/view/11553/8256

 

Document

 
back