Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Sanita Martiara Tauhid, Nurmalasari, Fantrido Foldra, Roni Jayawinangun

Judul : TREND KAJIAN PEMBELAJARAN DARING: SUATU TELAAH PUSTAKA
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trend penelitian terkait pembelajaran daring dan efektivitas pembelajaran daring. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literature review secara daring di mana dalam mengumpulkan informasi data dengan teknik dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai macam sumber daring seperti junal, hasil penelitian, dokumen, buku, majalah, berita. Kriteria artikel dan berita yang dipilih yaitu adanya pembahasan tentang proses belajar pembelajaran daring. Hasil penelitian ini dari 40 artikel yang dikumpulkan diketahui bahwa trend penelitian pembelajaran daring didominasi dengan pendekatan kualitatif, diikuti kuantitatif dan metode gabungan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Adapun pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, partisipatoris. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, kajian literatur dan eksperimental. Pembelajaran dinilai efektif pada sebelum pandemic sebesar 58,8% menurun pada saat pandemin sebesar 41,2%. Berdasarkan jenjang Pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah dan perguruan tinggi dinilai efektif, namun pada praktiknya masih perlu perbaikan dapat lebih menjadi lebih baik

Tahun : 2020 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 4 / 2020
ISSN/ISBN : 2656-8306
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

Adhe, K. R. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian Paud Di Jurusan Pg Paud Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya’, Journal Of Early Childhood Care And Education, 1(1), P. 26. Doi: 10.26555/Jecce.V1i1.3.

Afifuddin, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, bandung: Pustaka Setia.

Dewi, M. S. (2019) ‘Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19’, Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2019), Pp. 1–12.

Firman, Firman, And Sari Rahayu. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes) 2, No. 2 (April 27, 2020): 81–89. Https://Doi.Org/10.31605/Ijes.V2i2. 659.

Fitria, Yenni, And Juwita. “Utilization Of Video Blogs (Vlogs) In Character Learning In Early Childhood.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, No. 2 (December 6, 2018): 211. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V2 i2.87.

Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, And Epa Paujiah. “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi,” N.D., 10.

Katadata. (2020, 5 Mei). Pandemi Covid-19, Puluhan Juta Murid Belajar di Rumah. Diakses pada 10 Agustus 2020, darihttps://databoks.katadata.co.id/datap ublish/2020/05/05/pandemi-covid- 19-puluhan-juta-siswa-belajar-di- rumah

Khusniyah, N. L. And Hakim, L. (2019) ‘Efektivitas Pembelajaran Berbasis

Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris’, Jurnal Tatsqif, 17(1), Pp. 19–33. Doi: 10.20414/Jtq.V17i1.667.

Mujianto, H. (2019) ‘Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar’, Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), Pp. 135–159. Available At: Www.Journal.Uniga.Ac.Id.

Mulyadi, E. (2020) ‘Pembelajaran Daring Fisika Melalui Whatsapp , Google Form , Dan Email Dalam Capaian Presensi Aktif Dan Online Physics Learning Via Whatsapp , Google Form , And Email In The Achievement Of Active Presence And’, 5(1), Pp. 34–41.

Mustofa, M. I. Et Al. (2019) ‘Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi’, Walisongo Journal Of Information Technology, 1(2), P. 151. Doi: (Blended Learning ) Di Universitas Negeri Jakarta’, Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), Pp. 37–48. Doi: 10.21009/Jpi.011.07.

Rijal, Akmal, And Andriana Sofiarini. “Pengembangan E-learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sd Berbasis Aplikasi Moodle Di Pgsd.” Jurnal Basicedu 3, No. 4 (November 18, 2019): 2071–82.Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu. V3i4.266.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/apik/article/view/2535/1849

 

Document

 
back