Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Dita Destiana, Yudhie Suchyadi, Fitri Anjaswuri

Judul : PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRODUKTIF DI SEKOLAH DASAR
Abstrak :

 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis kompetensi ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang diperlukan dalam pembelajaran matapelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, observasi dan diskusi kalangan terbatas. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pada di Kelompok Kerja Guru Gugus 8 Kecamatan Bogor Utara. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk menggunakan expert judgement dan validasi responden. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa secara umum sistem penilaian di Kelompok Kerja Guru Gugus 8 Kecamatan Bogor Utara dapat dikategorikan baik, meliputi: (1) Aspek antecedents (perencanaan penilaian) dapat dikategorikan baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor berdasarkan kuesioner guru sebesar 2,93 dari skor maksimal 4. (2) Aspek transactions (pelaksanaan penilaian) dapat dikategorikan baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor berdasarkan kuesioner siswa dan kuesioner guru sebesar 3,11dari skor maksimal 4. (3) Aspek outcomes (tindak lanjut) dapat dikategorikan baik. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata perolehan skor berdasarkan kuesioner siswa dan kuesioner guru sebesar 2,82 dari skor maksimal 4. Presentase validitas isi/materi produk instrumen adalah 93,45% , Presentase nilai validitas desain produk instrumen sebesar 84,76% kategori sangat valid, Presentase praktikalitas instrumen penilaian sangat praktis dengan nilai rata-rata 84,86%, presentase kepraktisan produk berdasarkan respon siswa sebesar 82,74% dengan kategori praktis. Penelitian pengembangan ini menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai alat evaluasi atau penilaian terhadap hasil belajar siswa yang akurat pada aspek kognitif. Disarankan kepada guru untuk menerapkan produk instrumen penilaian hasil belajar siswa dalam setiap proses penilaian, seperti saat mid semester maupun ujian semester dan ujian-ujian lainnya secara periodik.

Kata Kunci: instrumen penilaian; kualitas pembelajaran

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 02 / 03 / 2020
ISSN/ISBN : 2623-0232
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

[1] Ratumanan, T. 2003. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP Di Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 5 (1): 1-10 [2] N. Karmila and Y. Suchyadi, ―Supervisi Pendidikan Di Sekolah Alam Bogor,‖ J. Pendidik. dan Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 03, pp. 31–33, 2020. [3] Winarno, M.E. 2004. Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Center Human Capacity Development. [4] Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. [5] Poerwanti, E. 2001. Evaluasi Pembelajaran, Modul Akta Mengajar. Malang: UMM Press. [6] Y. Suchyadi et al., ―Increasing Personality Competence Of Primary School Teachers, Through Education Supervision Activities In Bogor City,‖ J. COMMUNITY Engagem., vol. 01, no. 01, 2019. [7] Maulana, N, dkk. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Membaca Kelas VII SMP. Malang: Artikel Skripsi. [8] Asmin. 2006. Pengaruh Ragam Bentuk Tes Objektif dan Gaya Berpikir terhadap Fungsi Informasi Tes: Penelitian Quasi Eksperimental dengan Analisis Item Response Theory di SMU DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 062 (12):633—655. [9] Winarno, M.E. 2011. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press. [10] Wahidmurni, M., Mustikawan, A., & Ridho, A. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktek. Yogyakarta: Nuha Litera. [11] Miller, M. D., Linn, R. L., & Gronlund, N. E. 2012. Measurement and assessment in teaching. New Jersey: Pearson Higher Education [12] Anderson, L. W. 2003. Classroom assessment: Enhancing the quality of teacher decision making. New Jersey: Lawrence Erl-baum Associates Inc. [13] Y. Suchyadi, N. Karmila, and N. Safitri, ―Kepuasan Kerja Guru Ditinjau Dari Peran Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bogor Utara,‖ J. Pendidik. dan Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 02, pp. 91–94, 2019. [14] Mukhtar. 2011. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada Press. [15] Sutrisno, S. 2012. Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi. [16] Pawasauskas, J., Matson, K. L., & Youssef, R. 2014. Transitioning to computer-based testing. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 6(2), 289–297. [17] Mardapi, D. 2012. Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera. [18] Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. [19] Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. 2006. The systematic design of instruction(4th Ed.). New York: Haper Collins College Pub-lishers [20] Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Ban-dung: Remaja Rosdakarya.

URL :

 

Document

 
back