Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yuli Wahyuni, Halimah Tus Sadiah

Judul : Pengembangan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Pada Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI)
Abstrak :

Abstrak

Penerapan pembelajaran daring dimasa pandemik sangatlah dibutuhkan guna pemenuhan pembelajaran jarak jauh. Selama ini di Universitas Pakuan utamanya di Prodi Teknologi Komputer belum ada pengembangan pembelajaran daring (SPADA) pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) sehingga dibutuhkan pengembangan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis elektronik.

Tujuan dari pembelajaran ini yaitu mengembangkan system pembelajaran daring (SPADA) pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) dan menambah kreatifitas serta keterampilan dosen maupun mahasiswa dalam pemanfaatan dan penggunaan aplikasi elearning.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), sebagai salah satu model pengembangan konten elearning.

Hasil dari penelitian ini, yaitu penelitian ini menghasilkan 80% adanya peningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi elearning dimana mahasiswa lebih interaktif dalam proses pemahaman, praktik, demonstrasi dan implementasi dasar Teknologi Informasi berbasis teks, audio, video, animasi dan simulasi mengarah pada pemanfaatan Hardware Computer, Computer Networking, Internet of Things, Embeded System. Selain penelitian ini juga menghasilkan modul elearning yang dapat digunakan untuk level dosen dan mahasiswa Prodi Teknologi Komputer Program DIII Universitas Pakuan.

Dalam pengembangannya team peneliti mengimplementasikan Mata Kuliah Daring Spada pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) dimana pembahasan materi mencakup perangkat keras komputer dan perkembangan perangkat lunak, pengantar sistem operasi, arsitektur sistem komputer, sistem bilangan, algoritma dan struktur data, pengantar pengolahan data, pengantar jaringan komputer dan komunikasi data, pengantar sistem informasi dan otomatisasi perkantoran, teknologi dan kehidupan masyarakat, pengantar grafika dan multimedia, dasar-dasar internet.

Originalitas dari penelitian ini yaitu adanya pengembangan inovasi dan peningkatan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) sehingga tercapainya peningkatan daya aksesibilitas, relevansi dan mutu pendidikan tinggi yang terpantau secara terbuka demi menghasilkan tenaga profesional dan terampil berpendidikan tinggi.

 

Kata kunci: Pembelajaran, Daring, Spada, elearning, PTI

Tahun : 2020 Media Publikasi : Seminar Nasional
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 386-396 / - / 2020
ISSN/ISBN : ISBN: 978-602-6585-74-5
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : TEKNIK KOMPUTER (D3)
Bibliography :

Brun, M., & Hinostroza, J. E. Learning to become a teacher in the 21st century: ICT integration in Initial Teacher Education in Chile.Educational Technology & Society, vol.17, no. 3,2014, pp.222-238.

Dharmawati. 2017. “Penggunaan Media eLearning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran English for Business”, Jurnal Sistem Informasi 1(1): 43-49.

Green, James Harry. (1985). Local Area Network A User’s Guide for Business Professionals. London: Scott, Foresman and Company.

Irmadel, Oka., Paulus Widjanarko. 2017. “Efektivitas Penggunaan Edmodo Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa PG-PAUD Unisri Tahun Akademik 2016/2017’. Research Fair Unisri, 1(1): 17-22.

Kaware, S. S., & Sain, S. K. ICT “Application in Education: An Overview”. International Journal of Multidisciplinary Approach & Studies, vol. 2, no. 1, 2015, pp. 25-32.

Khusaini, Agus Suyudi, Winarto dan Sugiyanto, “Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika”. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika JRKPF UAD vol.4, no.1 April 2017

Laudon, Kenneth C. Jane P. Laudon, 2008; Sistem Informasi Manajemen (Edisi Bahasa Indonesia). Penerbit Salemba Empat Jakarta.

L. Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. “Human Resource Management”. (edisi 10). Jakarta : Salemba Empat.

Megeid, N. S. A. “Elearning versus blended learning in accounting courses Quarterly Review of Distance Education”. vol.15, no. 2, 2014, p. 35.

Parjanto dan Ferdiana Ridi 2015. “Analisis Minat Penggunaan ELearning pada Guru dan Peserta Didik SMA Negeri 1 Depok Sleman” Prosiding SNATIF Ke -2. Universitas Muria Kudus: 365-370.

Putri, S. R., Wahyuni, S., Suharso, P., 2017. “Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 11(1): 111-116.

Septanto, H. 2015. “Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift di STMIK Bina Insani”, Bina Insani Ict Journal 2(2):121-141.

Sucahyono, B. 2016. “Analisa Efesiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class pada Smpn 4 Pamekasan”. Jurnal Insand Comtech 1(1): 27-31.

Wang, T. Designing for designing: “Information and communication technologies (ICTs) and professional education”. International Journal of Art & Design Education, vol.30, no.2, 2011, pp.188-199.

Waston, Wiliam R., Waston & Waston, Sunnie Lee. 2007. An Argument for Clarity: What are Learning Management System , What are They Not, and What Should They Become? TechTrends, England. Kelas Maya. 2018. https://belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/ diakses Maret 2018

Wirda, Almasri, Sukaya. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Kelas Xi Teknik Audio Video Di Smk N 1 Kinali”. Voteknika: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika (2) 2:112-117.0

URL :

 

Document

 
back