Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Nita Karmila, Ratih Purnamasari

Judul : Perbedaan Kreativitas Mahasiswa dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dan Problem Based Learning
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat perbedaan kreativitas belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen berbasis sekolah melalui pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dan Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen kuasi tiga kelas dengan subjek penelitian mahasiswa PGSD, FKIP Universitas Pakuan semester genap yang mengambil mata kuliah manajemen berbasis sekolah. Dua kelas diberikan perlakuan dengan dua pembelajaran yang berbeda yakni pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dan Problem Based Learning sedangkan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengamatan dan penilaian dilakukan pada aspek kognitif mahasiswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis, hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak terdapat perbedaan kreativitas dengan penggunaan model Multiple Intelligences, Problem Based Learning dan model konvensional. Dari perhitungan uji t menghasilkan angka 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔yang lebih rendah dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Meskipun begitu jika dilihat dari perolehan N-Gain pada setiap model, maka model yang paling besar berturut-turut adalah model Problem Based Learning dengan N-Gain 62. Disusul dengan N-gain kelas konvensional yaitu 35. Terakhir yaitu Ngain kelas Multiple Intelligences, sebesar 27. Apabila dilihat pada kriteria N-Gain, kelas eksperimen dengan model Multiple Intelligence masuk pada kriteria tidak efektif. Kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning ada pada kriteria cukup efektif sedangkan kelas kontrol dengan model konvensional ada pada kriteria tidak efektif.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 7 / 2 / 2020
ISSN/ISBN : 2550-0252
PTN/S : Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Amir, M. T. (2010). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada. Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom (3rd Editio). ASCD. Astutie, D. D. (2017). Teaching English using a Multiple Intelligences Approach. English Education Journal, 8(2). Fleetham, M. (2006). Multiple Intelligences in Practice: Enhancing self-esteem and learning in the classroom. Network Continuum Education. Glăveanu, V. P. (2018). Educating which creativity? Thinking Skills and Creativity, 27, 25–32. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017. 11.006 Howard, G. (2011). Frames of Mind (The Theory of Multiple Intelligence) (tenth edit). Basic Books. 148 Nita Karmila & Ratih Purnamasari Perbedaan Kreativitas Mahasiswa Dalam Penerapan… Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V7 N2 Oktober 2020:135-148 Legowo, E. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um001v 2i12017p001 Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara. Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Saintifik Jurnal Matermatika, Sains Dan Pembelajarannya, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/1 0.31605/saintifik.v2i2.105 Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Kencana Prenada. Runco, M. A., & Jaeger, G. J. (2012). The Standard Definition of Creativity. Creativity Research Journal, 24(1), 92– 96. https://doi.org/10.1080/10400419 .2012.650092 Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua). RajaGrafindo Persada. Toyibah, E. S. (2014). Polemik Penerapan Metode Pembelajaran Multiple Intellegences Pada Sistem Pendidikan Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/a urelis/54f7ba8da33311181d8b4888 /polemik-penerapan-metodepembelajaran-multipleintelligences-pada-sistempendidikan-indonesia Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Technoscienza, 2(1). Wulandari, N., & Sjarkawi. (2011). Pengaruh Problem Based Learning dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal TeknoPedagogi, 1(1)

URL : https://ojs.unida.ac.id/jtdik/article/view/3203

 

Document

 
back