Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yuli Wahyuni, Halimah Tus Sadiah

Judul : Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Elearning Bagi Dosen-Dosen di Sekolah Vokasi Universitas Pakuan
Abstrak :

ABSTRAK

Peningkatan sistem pembelajaran yang dipilih khususnya pada masa pandemik sebagai trending Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya berbasis elektronik salah satunya yang disebut dengan sistem pembelajaran e-learning. Dalam penggunaan elearning di Sekolah Vokasi Universitas Pakuan beberapa dosen mempunyai problem permasalahan dimana terkendala  dalam memasukkan materi pembelajaran baik dalam bentuk tex, video sampai dengan menyimulasikan nilai ujian Quiz maupun Ujian semester serta membuat forum sesi tanya jawab. Dari permasalahan tersebut sehingga team pengabdian masyarakat membuat suatu pelatihan dan pendampingan untuk dosen-dosen Sekolah Vokasi Universitas khususnya yang diharapkan dengan adnya pelatihan ini maka Sekolah Vokasi dapat menghasilkan dosen-dosen yang berkwalitas dan tenaga profesional terampil berpendidikan tinggi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi berbasi TIK serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab Tridarma sebagai dosen. Hasil dari pelatihan diikuti oleh dosen-dosen Sekolah Vokasi Prodi Komputer dan Prodi Ekonomi baik secara online dan offline, dari hasil survei dalam bentuk questioner dosen Sekolah Vokasi 90% telah memahami bagaimana menggunakan e-learning sehingga proses pembelajaran yang di wajibkan oleh pemerintah yaitu pembelajaran elearning ini telah terselenggara khususnya dimasa pandemik serta proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kata Kunci: E-learning, Online, Teknologi Informasi, Pembelajaran

Tahun : 2020 Media Publikasi : jurnal nasional terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 1 / 2020
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : TEKNIK KOMPUTER (D3)
Bibliography :

Brun, M., & Hinostroza, J. E. Learning to become a teacher in the 21st century: ICT integration in Initial Teacher Education in Chile.Educational Technology & Society, vol.17, no. 3,2014, pp.222-238.

Dharmawati. 2017. “Penggunaan Media eLearning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran English for Business”, Jurnal Sistem Informasi 1(1): 43-49.

Irmadel, Oka., Paulus Widjanarko. 2017. “Efektivitas Penggunaan Edmodo Terhadap Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa PG-PAUD Unisri Tahun Akademik 2016/2017’. Research Fair Unisri, 1(1): 17-22.

Kaware, S. S., & Sain, S. K. ICT “Application in Education: An Overview”. International Journal of Multidisciplinary Approach & Studies, vol. 2, no. 1, 2015, pp. 25-32.

Khusaini, Agus Suyudi, Winarto dan Sugiyanto, “Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika”. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika JRKPF UAD vol.4, no.1 April 2017

L. Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. “Human Resource Management”. (edisi 10). Jakarta : Salemba Empat.

Megeid, N. S. A. “E-learning versus blended learning in accounting courses Quarterly Review of Distance Education”. vol.15, no. 2, 2014, p. 35.

Parjanto dan Ferdiana Ridi 2015. “Analisis Minat Penggunaan E-Learning pada Guru dan Peserta Didik SMA Negeri 1 Depok Sleman” Prosiding SNATIF Ke -2. Universitas Muria Kudus: 365-370.

Putri, S. R., Wahyuni, S., Suharso, P., 2017. “Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 11(1): 111-116.

Septanto, H. 2015. “Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift di STMIK Bina Insani”, Bina Insani Ict Journal 2(2):121-141.

Sucahyono, B. 2016. “Analisa Efesiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class pada Smpn 4 Pamekasan”. Jurnal Insand Comtech 1(1): 27-31.

Wang, T. Designing for designing: “Information and communication technologies (ICTs) and professional education”. International Journal of Art & Design Education, vol.30, no.2, 2011, pp.188-199.

Wirda, Almasri, Sukaya. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Kelas Xi Teknik Audio Video Di Smk N 1 Kinali”. Voteknika: Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika (2) 2:112-117.0

URL : http://jcscconsortium.com/index.php/jcsc/search/titles

 

Document

 
back