Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Muhammad Agil Nugroho, Tatang Muhajang, Sandi Budiana

Judul : PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal pada minat belajar sebagai variabel bebas dan  hasil belajar sebagai variabel terikat. Objek penelitian ini adalah kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Kopo 01 Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 98 dengan  sampel sebanyak 50 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel minat belajar dan menggunakan tes soal untuk variabel hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien determinasi (rxy)sebesar 0,369 dan dalam pola permasalahannya menjadi Ŷ = -17,14 + (0,75x) yang berarti tingkat pengaruh tergolong kuat dan diperoleh thitung sebesar 33,28 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata nyata 0,05 sebesar 4,04 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: minat belajar; hasil belajar

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Internasional
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941 / Volume 03, Nomor 01, Maret 2020, Hal. 42 - 46 / 2020
ISSN/ISBN : e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

REFERENSI 
[1] OECD. 2015. Programme for International Student Assessment (PISA). Diakses dari http://www.oecd. org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf pada tanggal 17 Juli 2019.

[2] Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

[3] Jihad, A. dan Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

[4] Parwati, N.N. Suryawan, P.P. dan Apsari, R.A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo. 

[5] Y. Suchyadi and N. Karmila, The Application Of Assignment Learning Group Methods Through Micro Scale Practicum To Improve Elementary School Teacher Study Program College Students ’ Skills And Interests In Following Science Study Courses,” JHSS (Journal Humanit. Soc. Stud., vol. 03, no. 02, pp. 95– 98, 2019.

[6] Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya.

[7] Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

[8] Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

[9] Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka cipta.

[10] Susanto, Ahmad. 2014.Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Jakarta : Kencana Prenadamedia Grup.

[11] Jahja, Yudrik. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta:Kencana. 

[12] Taufani. 2008. Minat, Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka cipta. 

[13] Mashudi, Farid. 2018. Panduan Praktis Evaluasi Dan Supervisi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Diva Press.

[14] Supardi. 2016. Penelitian Autentik. Depok: PT. Raja grafindo Persada.

[15] Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

[16] Astri. 2015. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1941 Sungai Abang Muara Tembesi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

[17] Septiani, Ninu. 2016. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus Werkuduro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Semarang. Universitas Negeri Semarang. 
 
 

URL : http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

 

Document

 
back