Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Meidia Andini, Atti Herawati, Entis Sutisna

Judul : ANALYSIS STUDY ON STUDENTS’DIFFICULTIES IN UNDERSTANDING SCIENTIFIC TEXT
Abstrak :

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu kesulitan siswa dalam memahami teks ilmiah dan penyebab yang menyebabkan siswa sulit dalam memahami teks ilmiah. Subyek penelitian ini adalah 15 siswa yang dikategorikan menjadi siswa yang memiliki kemampuan tinggi, menengah, dan rendah. Penulis menggunakan metode penulisan deskriptif dan untuk mendapatkan data penulis menggunakan metode non-test instrument seperti dokumentasi, kuesioner, dan interview.  Berdasarkan hasil penelitian dari dokumentasi, kuesioner, dan interview penulis menyimpulkan kesulitan siswa dalam memahami teks ilmiah diantaranya  memahami kata-kata sulit dan istilah-istilah asing dalam teks ilmiah serta kurangnya pengetahuan ilmiah siswa. Selain itu, ada faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam memahami teks ilmiah baik dari internal maupun external. Dari faktor internal diantaranya lemahnya penguasaan kosakata, kurangnya motivasi, serta kondisi diri siswa. Sedangkan external faktor adalah situasi di dalam kelas. Berdasarkan hail  penelitian , penulis menyarankan agar siswa memperkaya kosakata ilmiah dengan banyak membaca teks ilmiah.

Tahun : 2016 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2016
ISSN/ISBN : 2131444
PTN/S : Univeresitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Bibliography :

Ashley and Yopp, H Ruth et al. 2010. Vocabulary Instruction  for Academic    Success. Hunting ton: Shell Education Calmorin, P. Laurentina and Calmor in  A. Melchor  et al. 2007

URL : https://jom.unpak.ac.id/index.php/bahasainggris/article/view/212

 

Document

 
back