Seiring dengan merebaknya penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini dan diperkirakan pada masa depan nanti penggunaan TIK akan mendominasi kehidupan kita karena memberikan manfaat bagi para penggunanya, maka sudah selayaknya perangkat TIK dapat diperkenalkan kepada anak usia dini, karena penguasaan TIK di masa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa.
Multimedia interaktif dikembangkan atas dasar asumsi bahwa proses komunikasi dalam pembelajaran akan lebih menarik minat anak didik dan memberikan kemudahan untuk memahami materi karena penyajiannya yang interaktif, sehingga untuk memperkenalkan perangkat TIK kepada anak usia dini, khususnya yang termasuk ke dalam kelompok anak usia pra-sekolah (4-6 tahun) dapat melalui aplikasi pembelajaran berbasis multimedia, yaitu suatu model pembelajaran non konvensional yang menempatkan komputer dalam peran guru, dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan komputer melalui aplikasi yang dibangun menggunakan program berbasis multimedia. Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia yang menjadi tujuan penelitian ini dilakukan melalui tahapan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Selain untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran.
Hasil uji coba aplikasi ke pemakai akhir yaitu anak-anak usia dini yang termasuk kelompok usia pra-sekolah menunjukkan persentase 95,84% untuk uji lapangan. Hal tersebut menyatakan bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan layak dan valid untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran.
Kata kunci: Perangkat-perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Anak-anak Usia Dini, Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia.
|