Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

SRI HARTINI, MAY MULYANINGSIH

Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang faktor – faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan mahasiswa.  Wirausaha  merupakan  salah  satu  pendukung  yang menentukan  maju  mundurnya  perekonomian, karena  bidang  wirausaha  mempunyai  kebebasan untuk  berkarya  dan  mandiri.  Jika  seseorang mempunyai  kemauan  dan  keinginan  serta  siap untuk  berwirausaha,  berarti  seseorang  itu  mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, dan tidak perlu  mengandalkan  orang  lain  maupun perusahaan  lain  untuk  mendapatkan  pekerjaan lagi. Solusi yang bisa ditempuh untuk dapat keluar dari kompleksitas persoalan diatas menuntut, jiwa, pikiran, tindakan kreatif dan inovatif diantaranya melalui penciptaan wirausaha    muda   (young entrepreneur)   dalam  jumlah dan kualitas yang memadai. Oleh karena itu, sedini mungkin para mahasiswa dibekali ketrampilan hidup (life skill) untuk menjadi bekal fundamental dalam menghadapi persaingan global. Mengacu pada problema diatas, sebenarnya prodi pendidikan Ekonomi telah membekali mahasiswanya dengan ilmu entrepreneur dan kewirausahaan bahkan untuk memperkokoh pengetahuannya mahasiswa juga di wajibkan untuk melakukan kunjungan lapangan dan studi banding agar mereka lebih siap dalam mengembangkan dan mengaplikasikan jiwa entrepreneurnya dan tidak tergantung pada pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan maupun pemerintah.  Namun, realita yang ditemukan dilapangan ternyata amat berbeda, mahasiswa sebagai “Sumber Daya Manusia” yang terdidik dan professional ternyata masih lemah dalam mengembangkan ilmu berwirausahanya bahkan tidak berani untuk memulai sejak dini, berbagai alasan yang dikemukakan, ada yang terkendala modal, menunggu mapan, tidak punya tempat dan masih banyak lagi, dengan fenomena ini maka peneliti menjadi tertarik untuk meneliti tentang faktor – faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan.  Penelitian ini merupakan penelitian jenis eks-planatif karena bertujuan untuk meneliti karakteristik variabel dan hubungan antar variabel yang telah ada.Penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan penyebab dan dampak hubungan. Proses penentuan sample menggunakan purposive sampling (judgement sampling) merupakan salah satu metode non-probability sampling. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan melakukan pemilihan secara sengaja oleh pengkaji atau peneliti. Sampling ini dilakukan dengan pertimbangan biaya  dan waktu. Sampel yang diambil sifatnya terbatas dan hanya untuk mahasiswa tertentu yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh melalui wawancara langsung di lapangan dengan menggunakan kuesioner penelitian terstruktur, yang terbagi dalam 3 bagian: faktor sikap, faktor kontekstual dan niat kewirausahaan. Pengukuran menggunakan indeks TPB (theory planned behavior) berdasarkan indikator: occupational status choice index yang bertujuan mengukur sikap seseorang untuk berwirausaha. Instrumen ini berisi pernyataan mengenai autonomy/ authority, economic challenge, self realization, security dan workload, avoid responsibility, social career dan perceived confidence, academic support, social support dan environmental support

Tahun : 2020 Media Publikasi : Majalah Populer/Koran/internal
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : - / - / 2020
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : MANAJEMEN
Bibliography :

Ajzen, I. (2005). “Attitudes, Personality and Behavior. 2ndEdition”. New York: Open University Press.

 

Alma, B. (2010). “Kewirausahaan”. Bandung: Alfabeta.

 

Alwisol. (2009). “Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi”. Malang: UMM Pres

 

Baron  &  Byrne.  (2000). “Social Psychology. (9th  Edition)”. Massachusetts:  A Pearson Education Company

 

Beck, T., Demirguc-Kunt, A.,  &  V.  Maksimovic.  (2005).“Financial  and  Legal Constraints to Firm Growth: Does Firm Size Matter”. Journal of Finance,2005, pp: 137-177.

 

Bygrave, and William, D. (1994). “The Portable MBA in Entrepreneurship”. New York: John Willey & Sons, Inc

 

Carree, M.  A.,  & Verheul, I. (2011). “What  makes  entrepreneurs  happy? Determinants of satisfaction among founders”. J Hapiness Stud,1 3; 371-387.

 

Feldman, M.P. (2001). “The entrepreneurial event revisited: firm formation in a regional context,. Industrial and Corporate Change”. Vol. 10, No. 4, pp: 861–875

 

Geoffrey, Meredith. G. (2001). “Kewirausahaan, Teori dan Praktek”. Jakarta: Pustaka Binaar Presindo.

 

Gerry.  C,  Susana.  C.  &  Nogueira.  F.  (2008). “Tracking  Student  Entrepreneurial Potential:  Personal  Attributes  and  the  Propensity  for  Business  Start-Ups  after Graduation in a Portuguese University”. International Research Journal Problems and Perspectives in Management, 6(4): 45-53

 

Gurbuz, G. & Aykol, S. (2008). “Entrepreneurial Intentions of Young Educated Public in Turkey”. Journal of Global Strategic Management, 4(1): 47-56

 

Lee, S.H. & Wong, P.K. (2004). “An Exploratory Study of Technopreneurial Intentions: A Career Anchor Perspective”. Journal of Business Venturing, 19(1): 7-28

 

Meng, L.A. dan T.W. Liang. (1996). “Entrepreneurs, Entrepreneurship andEntreprising Culture”. Paris: Addison - Wisly Publishing Company

 

Schneider (2000). “Personal  Adjustment  and  Mental  Health”.  New  York:  Reinhart  and  Winston.

 

Wirasasmita, Yuyun (2003). “Komunikasi Bisnis”. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

URL : http://bapenda.malukutenggarakab.go.id/bapenda/e_sppd/slot-dana/index.html

 

Document

 
back