Abstrak |
: |
Teori permainan (game theory) adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Teori ini dikembangkan untuk menganalisa proses pengambilan keputusan dari situasi-situasi persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan. Penggunaan model teori permainan dapat diaplikasikan untuk mengetahui strategi optimal yang paling menguntungkan bagi sebuah produsen minyak goreng yaitu dengan memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang didapat akibat strategi yang diambilnya terhadap strategi yang diambil oleh produsen minyak goreng lainnya. Melalui aplikasi berbasis komputer dengan menerapkan model game theory diharapkan bisa membantu dalam menentukan strategi apa yang tepat digunakan oleh masing-masing produsen dari merek-merek minyak goreng untuk memenangkan pangsa pasar.
Kata Kunci: Strategi Optimal, Teori Permainan
|
Bibliography |
: |
Donoriyanto Dwi Sukma, Penetuan Strategi Pemasaran Produk Minuman Energi dengan Teori Permainan (Game Theory) untuk Meningkatkan Minat Konsumen di Wilayah Surabaya Timur, Teknik Industri FTI-UPNV Jatim, 2010.
Margianti E.S, Suryadi D, Sistem Informasi Manajemen, Universitas Gunadarma, 1994.
Subagyo Pangestu, Asri Marwan, Handoko T. Hani, Dasar-dasar Operation Research Edisi 2, BPFE Yogyakarta, 1983.
|