Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Siti Sundari, Trisna Gita Handayani

Judul : ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER DI SEKOLAH ALAM DEPOK
Abstrak :

Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur
pengumpulan data dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas,
dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data.Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan temuan bentuk interaksi sosial anak Attention Deficit
Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok. Pelaksanaan penelitian ini pada semester
genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk interaksi
sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok yaitu mengarah
pada dua kutub yang berlawanan yaitu kerjasama dan perkelahian (pertikaian). Subyek dapat
berkerjasama ketika fasilitator memberikan tugas secara berkelompok, subyek belum dapat
mengeluarkan idenya ketika mengerjakan tugas berkelompok tetapi subyek dapat membantu
mengambilkan benda-benda yang dibutuhkan teman-teman kelompoknya. Sulitnya subyek
dalam mengendalikan emosi membuatnya sering terpancing untuk berkelahi dengan seorang
teman di kelasnya, hal ini dikarenakan ada kecemburuan sosial yang dirasakan seorang teman
sekelasnya yang juga Anak Berkebutuhan Khusus karena subyek lebih disenangi
teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bentuk
interaksi sosial dapat mengarah pada dua kutub yang berlawanan yaitu kerjasama dan
perkelahian (pertikaian).

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 01 / 10 / 2018
ISSN/ISBN : ISSN E: 2460-2175 ISSN P :1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM. 2015. Implementasi Pendidikan Inklusif dalam Pemenuhan Hak atas Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia http://ebook.balitbangham.go.id/litbanghamebook/files/2015_khusus _lit_inklusif/index.html#/48(27 November 2016).

Baihaqi, Mif dan Sugiarmin, M. 2014. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: Refika Aditama
Basrowi. 2014. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Pradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Mayarakat. Jakarta: Prenada Media Group
Hidayat., Heryana, Yayan. dan Setiawan, Atang. 2006. Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: UPI PRESS

Jacobsen, David A. Paul Eggen, dkk. 2009. Methods for Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kosasih, E. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya
Muhammad, Jamila K. A. 2008. Special Education for Special Children. Bandung: Mizan
Ormrod, Jeanne Ellis. 2010. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga
Ramayulis. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia
Santoso, Hargio. 2012. Cara Memahami & Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan: Educational Psychology. Jakarta: Salemba Humanika
Setiadi, Elly M dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Pemahaman Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Prenada Media Group
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Suhardi dan Sunarti, Sri. 2009. Sosiologi 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
Suparno. 2010. Buku Panduan : Pendidikan Inklusif untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Yogyakarta :Universitas Negeri Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131572384/Pendidikan%20Inklusif%20Untuk%20Anak%20Usi
a%20Dini%20Di%20Taman%20 Kanak-kanak.pdf (27 November 2016)
Surna, I Nyoman. dan Pandeirot, Olga D. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga
Wardani, IGAK, dkk. 2016. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

URL :

 

Document

 
back