Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Fitri Siti Sundari, Retno Susanti

Judul : ANALISIS KESULITAN ANAK BELAJAR MEMBACA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak :

Penelitian ini studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data
dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Peneliti menggunakan uji kreadibilitas, transferabilitas,
dependabilita, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan dalam peneliti ini adalah
untuk mendeskripsikan temuan pada kesulitan anak belajar membaca di SDN Semeru 6 Kota Bogor. Subjek
peneliti adalah satu siswa yang berasal dari SDN Semeru 6 Kota Bogor pada semester gasal tahun pelajaran
2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan anak belajar membaca di SDN
Semeru 6 menunjukkan faktor internal berupa memiliki tingkat kecerdasan yang sangat rendah, sulit
menerima dan mencerna materi pelajaran yang diberikan guru, konsentrasi siswa yang mudah terganggu dan
memiliki daya ingat yang rendahdan eksternal berupa lingkungan sangat mempengaruhi aktivitas belajar
siswa. Subjek ketika sedang belajar selalu teringat akan bermain bersama teman-temanya sampai
meninggalkan pekerjaannya lalu pergi main bersama teman-temannya. Ketika sedang bermain, lupa waktu
dalam belajar bahkan orang tuanya ketika memerintahkan untuk belajar, subjek selalu menolak sehingga
orangtuanya kelelahan menyuruhnya belajar. Selain faktor lingkungan rumah, ketika sedang berada di
sekolah, subjek sangat terganggu dengan suara ribut karena ia merasa terganggu konsentrasinya. Pada saat
guru menugaskan pelajaran bahasa Indonesia yang mengharuskannya membaca ulang kalimat tersebut,
subjek selalu mengabaikan karena tidak menyukai dalam hal membaca sehingga sampai saat ini subjek
masih kesulitan dalam hal membaca. Faktor guru menjadi penyebab siswa mengalami kesulitan belajar
membaca. Guru kurang memberikan bimbingan khusus, pada anak kesulitan belajar membaca. Kelebihan
subjek adalah di bidang non akademik. Subjek memiliki hasil IQ di bawah rata-rata. Berdasarkan hasil
penelitian dapat di simpulkan bahwa faktor penyebab kesulitan anak belajar membaca di sebabkan oleh
faktor internal dan eksternal dan dapat memiliki kelebihan yang baik dalam bidang non akademik.

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 02 / 10 / 2018
ISSN/ISBN : ISSN E: 2460-2175 ISSN P :1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rhineka Cipta.
Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta :PT Rineka Cipta.
Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : PT Refika Aditama.
Kosasih. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.
Makmun, Abin Syamsuddin. 2007. Psikologi Kependidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Resmini, Dadan Djuanda, dkk. 2007. Pembinaan Dan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung : UPI
Press.
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Rachman, Arief. 2006. Meningkatkan Motivasi Membaca. Jakarta : Ganeca Exact.
Somantri, Sutjihati. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT Refika Aditama.
Suyatno. 2011. Cerdas Membaca. Jakarta : UHAMKA Press.
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sakinatun, Umi Ulfa. 2014. Bimbingan Belajar Untuk Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Di SD Negeri Gembongan
Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta : Universitas Yogyakarta.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Subini, Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jakarta : PT. Buku Kita.
Saifuddin, Ali. 2010. Atasi Dan Terdeteksi Ragam Masalah Kejiwaan Anak Sejak Dini.
Jogjakarta : DIVA Press Group.
Tarigan, Guntur Henry. 2008. Membaca. Bandung : Angkasa Bandung.
Wardani, dkk. 2011. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada..
---------------------.2016.Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Winarsih. 2013. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) pada siswa kelas 1 SD Negeri Jatiroto, Wonosari, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

URL :

 

Document

 
back