Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Elly Sukmanasa, Fitri SIti Sundari, Rukmini HAndayani

Judul : PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PEMBUATAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) YANG BERKUALITAS PADA GURU PC. PGRI. CICURUG SUKABUMI
Abstrak :

proposal dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui pelatihan di sekolah. Penelitian ini dilakukan
pada guru-guru sekecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari 191 guru dan 1 orang kepala
UPTD. Peserta pelatihan ini merupakan guru-guru di bawah naungan Pengurus Cabang Persatuan Guru
Republik Indonesia (PC-PGRI) Kecamatan Cicurug. Guru-guru yang terlibat terdiri dari guru sekolah dasar,
guru madrasah ibtidaiyah, guru sekolah menengah pertama, guru taman kanak-kanak, dan guru raudhatul
Atfal. Jumlah peserta sebanyak 192 orang. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 hari dari pukul 08.00
sampai dengan pukul 16.30. dilanjutkan dengan penyelesaikan pembuatan proposal PTK selama 1 minggu
setelah pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode ceramah dan metode latihan
praktek (drill practice) pembuatan proposal penelitian tindakan kelas. Bentuk evaluasi yang digunakan
adalah Pre Test dan Post Test serta mereview proposal selama mengikuti kegiatan. Indikator yang digunakan
adalah materi yang diberikan selama kegiatan yang terdiri dari latar belakang masalah, perumusan masalah,
tujuan penelitian, manfaat penelitian, landasan teori, metode penelitian, dan daftar pustaka. Berdasarkan hasil
pelaksanaan penelitian dan penilaian dari pembuatan proposal PTK dapat disimpulkan bahwa
terselenggaranya kegiatan pelatihan pembuatan proposal PTK dapat meningkatkan keterampilan peserta
(guru-guru) dalam memahami dan menyusun proposal penelitian tindakan kelas terbukti sebanyak 7,29% (14
orang) sudah menguasai pembuatan proposal PTK dengan baik dan sebanyak 91,67% (176 orang) sudah
cukup menguasai pembuatan proposal PTK ini. Pelatihan pembuatan proposal penelitian tindakan kelas
mempunyai efektivitas dan efisiensi yang tinggi karena guru memang membutuhkan materi pelatihan
tersebut dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya di kelas

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 02 / 10 / 2018
ISSN/ISBN : ISSN E: 2460-2175 ISSN P :1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Atmaka, Dri. 2004. Pengantar Pendidikan. Salatiga. Widyasari Press.
Chotimah, Husnul Yuyun Dwitasari. 2008. Model-model Pembelajaran untuk PTK. Yayasan Pendidikan Universitas Negeri Malang. SMA Laboratorium UM.
Dwiloka, Bambang. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.
Kemmis, S dan Mc. Taggart, R. 1990. The Action Research Planner. Melbourne. Deakin University.
Mulyasa. 2003. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung. Rosda Karya.
Suwandi, Sarwiji. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta. Yuma Pustaka.
Usman, Uzer. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya

 

URL :

 

Document

 
back