Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Firdanianty

Judul : KOMUNIKASI REMAJA DENGAN AYAH MASIH MINIM: STUDI PADA SISWA SMA DI KOTA BOGOR
Abstrak :

Komunikasi keluarga dibutuhkan untuk membangun ikatan yang kuat antara remaja dengan orang tuanya. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan karakteristik remaja dan keluarga dengan pola komunikasi remaja-ayah dan remaja-ibu. Responden adalah siswa kelas 2 SMA di Kota Bogor sebanyak 372 orang berusia 15–18 tahun. Pola komunikasi yang diukur meliputi 5 dimensi, yaitu topik, durasi, frekuensi pembicaraan, media, dan situasi komunikasi. Data dianalisis dengan independent sample t-test dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan komunikasi antara remaja perempuan dan laki-laki dengan ayah dan ibu. Remaja perempuan dan laki-laki lebih terbuka dan lebih sering berkomunikasi dengan ibu daripada ayah. Temuan lain memperlihatkan hubungan signifikan negatif antara usia ayah dengan topik pembicaraan remaja-ayah (r=-0,126, p=0,015). Selain itu, terdapat hubungan sangat signifikan negatif antara urutan lahir dengan topik pembicaraan remaja-ibu (r=-0,174, p=0,001) dan media komunikasi (r=-0,140, p=0,007). Demikian pula antara usia ibu dan topik pembicaraan remaja-ibu terdapat hubungan sangat signifikan negatif (r=-0,135, p=0,009). Temuan ini menunjukkan bkti empiris masih terbatasnya komunikasi antara ayah dan anak remajanya.
Kata kunci: keluarga, pola komunikasi, remaja, topik pembicaraan

Tahun : 2016 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 9 / 2016
ISSN/ISBN : 1907 – 6037
PTN/S : Stisipol Candradimuka Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

Barbato, C. A., Graham, E. E., & Perse, E. M. (2009). Communicating in the family: An examination of the relationship of family communication climate and interpersonal communication motives. The Journal of Family Communication, 3(3), 123–148.

Block, J. H. (1983). Differential premises arising from differential socialization of the sexes. Child Development, 54(6), 1335–1354.

Bronfenbrenner, U. (1994). Ecological models of human development. International Encyclopedia of Education, 3(2). Ed. Oxford: Elsivier.

Cernkovich, S. A., & Giordiano, P. C. (1987). Family relationship and delinquency. Criminology, 24, 295–321.
Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting style as context: An integrative model. Psychological Bulletin, 113, 487–496.

Dekovic´, M. (1999). Risk and protective factors in the development of problem behavior during adolescence. Journal of Youth and Adolescence, 28, 667–685.

Dekovic´, M, Wissink I. B., & Meijer, A. M. (2004). The role of family and peer relations in adolescent antisocial behaviour: comparison of four ethnic groups. Journal of Adolescence, 27, 497–514.

Dishion T. J., Andrews D. W., & Crosby L. (1995). Antisocial boys and their friends in early adolescence: Relationship characteristics, quality, and interactional process. Child Development, 66, 139–151.

Djamarah, S. B. (2004). Pola komunikasi orang tua & anak dalam keluarga. Sebuah perspektif pendidikan islam. Jakarta, ID: Rineka Cipta.

Driscoll, K., & Pianta, R. C. (2011). Mothers’ and fathers’ perceptions of conflict and closeness in parent-child relationships during early childhood. Journal of Early Childhood and Infant Psychology, 7, 1–24.

Effendi, S., & Tukiran. (2012). Metode Penelitian Survei. Ed. Revisi. Jakarta, ID: LP3ES.

Firdanianty, Lubis, D.P., Puspitawati, H., & Susanto, D. (2015). Pola komunikasi remaja dan pengaruhnya terhadap kecerdasan emosional siswa SMA di kota Bogor. Jurnal Komunikasi, 2(2), 45–57.

Flouri, E. & Buchanan, A. (2003). The role of father involvement and mother involment in adolescents’ psychological well-being. British Journal of Social Work, 33, 399–406.

Gottman, J., & DeClaire, J. (2001). Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. T. Hermaya, penerjemah. Jakarta, ID: Gramedia Pustaka Utama.

Hadijah & Retnaningsih. (2007). Hubungan antara intensitas komunikasi orang tua dengan motivasi belajar anak. Jurnal Penelitian Psikologi, 2(12), 170–184.

Heller, S.R., Robinson, L. C., Henry, C. S., & Plunkett, S. W. (2006). Gender differences in adolescent perceptions of parent adolescent openness in communication and adolescent empathy. Marriage & Family Review, 40(4), 103–122.

Hosley, C.A., & Montemayor, R. (1997). Fathers and adolescents. Dalam M.E. Lamb (Ed.), The role of the father in child development (3rd ed., pp. 162–173). New York (US): Wiley.

Kelly, L., Keaten J. A., Finch C., Duarte I.B., Hoffman P., & Michels M.M. (2002). Family communication patterns and the development of reticence. Communication Education Journal, 51(2), 202–209.

Kerr, M., & Stattin, H. (2000). What parent know, hoe they know it, and several forms of adolescent adjustment. Developmental Psychology, 36, 366–380.

Koerner, A.F. (2014). Family communication. Dalam C. R. Berger (Ed.), Interpersonal communication (pp. 419-441). Berlin: W. de Gruyter.

Koerner, A. F., & Fitzpatrick, M.A. (2004). Communication in intact families. Dalam A. L. Vangelisti (Ed.), Handbook of family communication (pp. 177-195). Mahwah, NJ: L. Erlbaum Associates.

Krisnatuti, D., & Putri, H.A. (2012). Gaya pengasuhan orang tua, interaksi serta kelekatan ayah-remaja, dan kepuasan ayah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 5(2), 101–109.

Langford, W., Lewis, C., Solomon, Y., & Warin, J. (2001). Family Understandings: Closeness and Authority in Families with a Teenage Child. London: Family Policy Studies Centre.

Lestari, S., & Asyanti, S. (2009). Area konflik remaja awal dengan orang tua: studi kuantitatif pada keluarga di Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 10(2), 130–137.

Lewis, C. & Lamb, M. E. (2003). Fathers’ influences on children’s development: The evidence from two-parent families. European Journal of Psychology of Education, 18(2), 211-228.

Lickona, T. (2012). Mendidik untuk membentuk karakter. Bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan tanggung jawab. Wamaungo JA, penerjemah. Jakarta, ID: Bumi Aksara. Terjemahan dari: Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility.

Mahmud, Z., Ibrahim, H., & Amat, S., & Salleh, A. (2011). family communication, sibling position and adolescents’ sense of responsibility. World Applied Sciences Journal 14 (Learning Innovation and Intervention for Diverse Learners), 74-80.

McCarthy, J.R., & Edwards, R. (2011). Key Concepts in Family Studies. London: Sage.

Megawangi, R. (2014). Kelekatan Ibu-Anak: Kunci Membangun Bangsa. Depok, ID: Indonesia Heritage Foundation.

Naghavi, F., & Redzuan, M. (2012). The moderating role of family ecological factors (family size) on the relationship between family environment and emotional intelligence. Journal of American Science, 8(6), 32-37.

Pupitawati, H. (2008). Pengaruh komunikasi keluarga, lingkungan teman dan sekolah terhadap kenakalan pelajar dan nilai pelajaran pada sekolah menengah di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, 7(2), 287-306.

Ritchie, L. D., & Fitzpatrick, M. A. (1990). Family communication patterns, measuring intrapersonal perceptions of interpersonal relationships. Journal of Communication Research, 17(4), 523-544. Rodick, P., Henggeler, S. W., &

Hansen, G. (1986). An evaluation of Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scales (FACES) and the circumplex model. Journal of Abnormal Child Psychology, 14, 77-87.

Rosenberg, J., & Wilcox, W.B. (2006). The Importance of Fathers in the Healthy Development of Children. US Departement of Health and Human Services Administration for Children and Families Administration on Children, Youth, and Families Children’s Bureau Office on Child Abuse and Neglect. USA.

Sacks, V., Moore, K. A., Shaw, A., & Cooper, P. M. (2014). The Family Environment and Adolescent Well-Being. Research Brief Child Trends, Publication 2014-52 (November).

Sari, A. (2012). Komunikasi keluarga dalam perkembangan anak. Jurnal Makna, 3(1), 1–26.

Sarkadi, A., Kristiansson, R., & Bremberg, S. (2008). Fathers’ involvement and children’s developmental outcomes: A systematic review of longitudinal studies. Acta Paediatrica, 97(2), 153–158.

Snyder, J., & Huntley, D. (1990). Troubled families and troubled youth. The development of antisocial behavior and depression in children. Dalam P. E. Leone (Ed.), Understanding troubled and troubling youth (pp. 194–225). Newbury Park, CA: Sage Publications.

Stattin, H., & Kerr, M. (2000). Parental monitoring: A reinterpretation. Child Development, 71, 1072–1085.
Supriadi, W. C. (2004). Perempuan dan Kesetaraan di Dalam Keluarga. Mimbar (Jurnal Sosial dan Pembangunan), 20(3), 263-273.

Tinnfält, A., Jensen, J., & Eriksson, C. (2015). What characterises a good family? Giving voice to adolescents. International Journal of Adolescence and Youth, 20(4), 429–441

URL : https://journal.ipb.ac.id/index.php/jikk/article/view/14521

 

Document

 
back