Judul | : | PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY | |||
Abstrak | : | Mengingat tidak ada proses pembelajaran yang sempurna, maka selalu diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui implementasi lesson study diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah bioteknologi. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester V-A Program studi pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor. Penelitian dirancang sebagai penelitian tindakan dengan pendekatan lesson study. Jumlah siklus dalam penelitian ini sebanyak 2 siklus. Setiap tahapan dalam siklus lesson study terdiri atas plan, do, dan see. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil siklus 1 menunjukkan peningkatan instruksional dosen model sebesar 89,39%. Respon positif observer sebesar 96,67% dan respon positif mahasiswa sebesar 93.13%. Instruksional dosen model pada siklus 2 meningkat menjadi 90,91%. Respon positif dari observer dan mahasiswa juga meningkat menjadi 100% dan 95,42%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi lesson study mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bioteknologi |
|||
Tahun | : | 2014 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 1 / 7 / 2014 |
ISSN/ISBN | : | 1693-5799 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Bibliography | : | Carin, A.A. 1997. Teaching modern science. 7th ed. New Jersey: Prentice hall. Simon & Schuster/ A viacom company. |
|||
URL | : | - |