Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Dewi Nurpuspitasari, Sumardi, Rais Hidayat, Sutji Harijanto

Judul : EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DITINJAU DARI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH
Abstrak :

Efektivitas pembelajaran merupakan kunci keberhasilan dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki efektivitas pembelajaran guru melalui pencarian hubungan suverpisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional penelitian, dengan rancangan penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada guru di Sekolah Dasar Negeri yang berada di Wilayah Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi yang berjumlah 21 sekolah. Sampel diambil secara random proporsional yang berjumlah 124 dari 179 populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan supervisi akademik dengan efektivitas pembelajaran guru, dengan skor koefisien korelasi ry1 = 0,508; 2) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara budaya sekolah dengan efektivitas pembelajaran guru, karena diperoleh besarnya skor koefisien korelasi ry2 = 0,438; dan (3) terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran guru. skor koefisien korelasi ry12 = 0,6331. Berdasarkan hasil penelitian bahwa efektivitas pembelajaran guru akan maksimal, apabila ada upaya untuk meningkatkan supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 7 / 2019
ISSN/ISBN : ISSN
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Bibliography :

Adi Kurnia & Qomaruzzaman, Bambang.2012. Membangun Budaya Sekolah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Dadang Suhardan, 2010. Supervisi Profesional, Bandung : Alfabeta.E. Mulyasa, 2003. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Luthans,Fred.Organizational Behavior, New York: McGraw-Hill Irwin, 2011Ipong Dekawati. 2011. Manajemen Pengembangan Guru Profesional Suatu Tinjauan Teoritis dan Empirik, Bandung: Rizqi Press.

J. Jones and Donald L. Walters, 2008. Human Reasource Management in Education, Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan,Yogyakarta: Q-Media.Muhamin, 2010. Manajemen Pendidikan Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah Madrasah, Jakarta: KencanaPatric Rahabav, 2016. The Learning Effectiveness Of Akademic Supervisor for Teacher. Journal of Education and Practice: Vol. 7 No. 9. FKIP Unpati Ambon.Piet A.Sahertian, 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan: dalam RangkaPengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka CiptaPopham, W. James., and Eva L. Baker. 2011. Teknik Mengajar Secara Sistematis Terjemahan Amirul Hadi, Bandung: PT Rineka Cipta.Popi Sopiatin.2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa, Jakarta: Ghalia Indonesia.Byars, Lllyod L dan Rue, Leslie W. 2007. Human Resource Management, 8 edition, MCGraw-Hill, Irwin.Roseline U. Chidobi (2015) dengan judul SupervisionAs a Key for Effectiveness Teaching and Learning in Enugu State of Nigeria Secondary School: Relevance and Chellenges, Sciente Research Journal: Vol. III Issue VI, Enugu State University Of Science and Technology Enugu, Nigeria.Sergiovanni, T.J. & Starratt, R.J. 2009. Supervision:Human Perspectives, Second Edition, USA: McGraw-HillInc.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/962

 

Document

 
back