Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rais Hidayat 1*, Yuyun Elizabeth Patras 1,dan Griet Helena Laihad1

Judul : KEPUASAN KERJA GURU DAN PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN: SURVEI GURU DI BOGOR DAN SEKITARNYA
Abstrak :

Kepuasan kerja dan kepemimpinan pendidikan merupakan 2 variabel penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif, pengumpulan datanya dengan instrumen angket yang disisi oleh guru-guru di wilayah domisili Bogor, Jawa Barat, berjumlah 80 orang. Analisis data menggunakan statistif deskriptif dan inferensial. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Persepsi guru laki-laki atas beberapa indicator kepuasan kerja guru lebih rendah dibandingkan dengan guru perempuan. Persepsi guru negeri atas beberapa indicator kepuasan kerja guru lebih tinggi dibandingkan dengan guru swasta. Semua indicator ketidakpuasan kerja guru terdapat pada guru sekolah dasar; (2) Persepsi guru laki-laki atas beberapa indicator kepemimpinan pendidikan lebih rendah dari guru perempuan. Persepsi guru sekolah swata atas beberapa indicator kepemimpinan pendidikan lebih rendah dari guru negeri. Sedangkan persepsi guru sekolah dasar atas semua indicator kepemimpinan rendah; (3) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel kepemimpinan pendidikan dengan variabel kepuasan kerja guru dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,53 (p > 0,05); dan (4) strategi untuk memperbaiki kepemimpinan dilakukan dalam hal-hal berikut: penetapan target-target, pengumpulan data dan informasi, pembimbingan dan pengarahan guru professional, pengembangan kurikulum dan pengembangan proses pembelajaran, pembentukan tim yang solid, komunikasi yang efektif, penyelesaian konflik yang terjadi di sekolah.

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 3 / 7 / 2018
ISSN/ISBN : 2252 - 3057
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Bibliography :

Ahmad, S. (2013). Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(1), 127–147.

Akhtar, S. N., Hashmi, M. A., & Naqvi, S. I. H. (2010). A comparative study of job satisfaction in public and private school teachers at secondary level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4222–4228. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010

Andersen, L. B. (2011). Teacher diversity : Do male and female teachers have different self-efficacy and job satisfaction ? Paper Prepared for the 33rd EGPA Conference in Bucharest 7-10. September 2011, (September 2011), 1–17.

Bush, T. (2007). Educational leadership and management : theory , policy , and practice. South African Journal of Education, 27(3), 391–406.

Chamundeswari, S. (2013). Job Satisfaction and Performance of School Teachers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences ISSN: 2222-6990, 3(5), 420–427

Dorozynska, A. (2016). Teacher Job Satisfaction In Primary Schools The relation to work environment. Department Of Education And Special Education.

Graham, K., Hudson, P., & Willis, J. (2014). How can principals enhance teacher job satisfaction and work commitment ? Paper Presented at the Australian Association of Research in Education (AARE) Conference, Brisbane, Australia

Haryani Diyati, M. (2014). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolaj dalam Pengembangan Budaya Sekolah di SDN Kwanyuhan, Kecamatan Minggir, Sleman. JUrnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 28–43.

URL :

 

Document

 
back