Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rifki Risma Munandar, Susi Sutjihati, Aip Muhamad Irpan

Judul : Efektifitas model pembelajaran inkuiri melalui praktikum berbasis Lesson Study terhadap penguasaan konsep sistem respirasi
Abstrak :

ABSTRAK

Belajar merupakan suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku

sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1).mengkaji penguasaan konsep mahamahasiswa  dengan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum melalui lesson  study  pada konsep  respirasi.  2)  Mengkaji aktivitas  mahasiswa terhadap  penggunaan  model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum melalui lesson study pada konsep respirasi. Metode kuasi eksperimen dengan disain one shot case study. Sampel penelitian yaitu mahasiswa kelas A dan kelas B semester I Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Pakuan Bogor sebanyak 45 orang. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah  praktikum  Biologi  Umum  dengan  materi  Respirasi.  Instrumen  yang  d igunakan  untuk  mengukur penguasaan konsep menggunakan soal essai ditambah dengan lembar observasi ketika proses pebelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri melalui praktikum berbasis lesson study sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep sistem respirasi dan aktivitas mahasiswa pada saat proses pembelajaran. Hal ini dilihat dari banyaknya nilai mahasiswa yang melebihi batas ketuntasan sebanyak 80%. Saran agar dosen dapat menerapkan kegiatan laboratorium berbasis inkuiri pada materi lain.

Kata kunci: Inkuiri, Praktikum, Penguasaan Konsep

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 3 / 2019
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BIOLOGI
Bibliography :

Arikunto,S (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Campbell, N.A., Reece, J.B., dan Mitchel, L.G. (2008). Biology Eight Edition. San   Francisco:  Pearson   Education, Inc.

Dahar, R. W. (1989). Teori-teori Belajar.

Jakarta: Erlangga.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. . (2013).

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan konsep Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2).

 

Hendayana,   Sumar.,   Sukirman.,   Karim, MA. 2007. Studi peran IMSTEP dalam penguatan program pendidikan guru  MIPA di  Indonesia. Educationist. Vol 1 (1): 28-38.

 

Lang,  H. R., dan Evans. (2006).  Models, Strategies, and Methods: for Effective Teaching. Amerika: Pearson Education.

 

Lewis, C. 2002a. Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Nagoya Journal of education and human development. No 1: 1-23. Online. www.lessonresearch.net/nagoyalsrev. pdfDiakses    pada     tanggal     9      .

.September 2013

 

Mu’ayadah, L., Utami, N, R., & Supriyanto. (2012). Efektivitas Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 79–85.

 

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar

. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Santyasa, I Wayan. 2009. Implementasi lesson study dalam pembelajaran. Disajikan dalam ”Seminar Implementasi Lesson Study dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru TK, Sekolah  Dasar,  dan  Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Nusa   Penida,   Tanggal   24   Januari

2009.       Universitas       Pendidikan

Ganesha.

 

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Solehudin, M. (2011). “Kegiatan Laboratorium Pemecahan Masalah pada Konsep Alat Indra untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA”. Makalah pada Seminar Nasional dan Temu Alumni III UPI, Bandung.

 

Utami, R. Sumarni, W. Habibah, N. A. (2017).         Unnes   Science    Education Journal. Unnes Science Education Journal, 6(1), 1496–1502. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.152

94/usej.v3i2.3349

 

Zacharia, Z. C., Olympiou, G., & Papaevripidou, M. (2008). “Effects of experimenting with physical and virtual manipulatives on students’ conceptual understanding in heat and temperature”. Journal of Research in Science  Teaching,  45,  (9),  1021  –

1035.

 

Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S.A. Achmad, Y., Subekti, R., Rochintawati, D., Nujhani, M. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press

 

Rustono, W. S. 2008. Meningkatkan kemampuan mahasiswa menerapkan strategi pembelajaran melalui lesson study di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar. (10):1-7.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/1303/1097

 

Document

 
back