Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rini Mulyani, Tatang Muhajang

Judul : Hubungan antara Kemandirian dengan disiplin siswa
Abstrak :

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian studi korelasional melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor dengan jumlah populasi 100 siswa. Pengambilan sampel dari perhitungan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel dari perhitungan rumus sebanyak 51 siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan disiplin siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel kemandirian belajar dengan disiplin siswa. Uji validitas instrumen kemandirian belajar dengan disiplin siswa dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 102 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 51 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvai sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan disiplin siswa, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,99 dan diperoleh thitung sebesar 49,14. Ini menunjukan adanya hubungan antara kemandirian belajar dengan disiplin siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,98 atau sebesar 98%. Hal ini berarti nilai disiplin siswa 98% ditentukan oleh kemandirian belajar, melalui persamaan regresi Ŷ = 13,16+ 0,99X, bersifat signifikan, maka setiap peningkatan 1 unit disiplin siswa akan meningkat kemandirian belajar ssebesar 0,99 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan disiplin siswa. Hal ini menunjukan bahwa untuk meningkatkan disiplin maka harus memperbaiki kemandirian belajartersebut. 

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 03 / 2020
ISSN/ISBN : 2623-0232
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

[1] Y. Suchyadi and Nurjanah, 2018. Relationship between Principal Supervision in Increasing the Job Satisfaction of Private Junior High School Teachers in East Bogor District, J. Humanit. Soc. Stud., vol. 02, no. 01, pp. 26–29, 2018. [2] Y. Suchyadi, Relationship between Work Motivation and Organizational Culture in Enhancing Professional Attitudes of Pakuan University Lecturers, J. Humanit. Soc. Stud., vol. 01, no. 01, pp. 41–45, 2017. [3] Tu’u, 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widia sarana Indonesia. [4] Prijodarminto, Soegeng, 1993. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Pramita. [5] Sutirna, 2015. Perkembangan Dan Pertumbuhan Peserta Didik. Andi. [6] Imron, 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bandung: PT.Bumi Aksara.

URL : http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

 

Document

 
back