Judul | : | PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK TUNARUNGU | |||
Abstrak | : | ABSTRAK
Latar belakang penelitian berkaitan dengan pemahaman peserta didik tunarungu dalam literasi. Penelitianini merupakan studi kasus dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif yang dilakukan kepada tujuh orang peserta didik tunarungu kelas VIII. “Bagaimana Pemahaman Peserta Didik Tunarungu terhadap Pembelajaran Literasi”, merupakan pertanyaan penelitian yang dijawab melalui tiga teknik pengumpulan data yakni: observasi, interviu, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa bahasa Inggris diajarakan guru kepada ketujuh peserta didik tunarungunya melalui beberapa pendekatan. Membaca diajarkan melalui pemahaman kosakata dan artinya, kemudian praktek dialog berpasangan. Sedangkan menulis diajarkan guru melalui pemberian contoh karangan dalam bahasa Indonesia, dan tugas individu yang berkaitan dnega keluarga.Pemahaman membaca peserta didik tunarungu kelas VIII ini tergolong baik dikarenakan mereka mampu memahami teks dan menjawab pertanyaan dengan baik. Bahkan hasil keterampilan menulis mereka sangat baik. Nilai membaca mereka penulis kelompokkan ke dalam “baik”, dan ‘kurang’, dikarenakan hanya ada dua jenis rentang kelompok nilai. 5 orang mendapatkan nilai membaca di atas 80, dan 2 orang mendapatkan nilai di bawah 65, yakni 54-60. Nilai menulis mereka dikelompokkan ke dalam ‘sangat baik’ (2 orang), ‘cukup’ (3 orang), dan ‘kurang’ (2 orang). Kriteria ‘sangat baik’ adalah mereka yang mendapatkan nilai terbesar dalam language use, dan content organization. Kesimpulan penelitian ini adalah sejauh ini pemahaman literasi ketujuh peserta didik tunarungu secara umum baik.
Kata kunci: tunarungu, kemampuan, literasi, pemahaman |
|||
Tahun | : | 2015 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 3 / 15 / 2015 |
ISSN/ISBN | : | 1412565x | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS |
Bibliography | : | DAFTAR PUSTAKA
Alwasilah, A. Chaedar. (2007). Politik Bahasa dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Bakken, Mary Cashman, et al. (2008). Resources for Assessment of Students who are Deaf and Hard of Hearing. Minnesota Department of Education. Fall-2008.
Burke, Victoria. (2012). Word Reading Strategy Development of Deaf and Hard of Hearing Preschoolers. Department of Educational Psychology and Special Education, Scholar Works @Georgia State University.
Carter, R. (1987). Vocabulary. Applied Linguistics Perspectives. London: Allen and Unwin.
Clinefelter, Dennis. (2008). A Case Study of Perception of Teachers Enganged in Teaching Reading to Adolescents in Middle School. Univeristy of Missouri.
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2011). Designing and Conducting Mixed Methods Research (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Gingin, Umit. (2006). The Study of Hearing Impaired Students to Understand English Subject as Their Second Language. Unpublished
Thesis.Anadolu University.
Hammill, David D. and Stephen C. Larsen. (1996). Test of Written Language, 4th Ed. (TOWL- 4). pearsonclinical.com/language/.../test- of-written-language-fourth-edition.
Izzo, Andrea. (2011). The Relation between Phonemic Awareness and Reading Ability for Deaf Students. PROQUEST: Bell & Howell Information and Learning Company.
Jeffries, Richard Lee. (2010). A Case Study of a Teacher Implementing Guided Reading in a Deaf Classroom. University of Nebraska- Lincoln.
Paul, Peter V., and G. Whitelaw. (2011). Hearing and Deafness: NA Introduction for Health and Education Professionals. MA: Jones &Barlett Publication.
Paul, Peter V. (2009). Language and Deafness.Fourth Edition.Sudburry, MA: Jones &Barlett Publication
Somad, Permanarian. (2010).Dampak Ketunarunguan terhadap Perkembangan Bahasa Anak Tuna rungu. Di pos-kan oleh Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UPI Bandung.
Trezek, B., Wang, Y., and Paul, P. (2010).Reading and Deafness: Theory, Research, and Practice. Clifton Park. NY: Delmar. |
|||
URL | : |