Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yanti Suryanti

Judul : TEACHING WRITING TO DEAF STUDENTS THROUGH PICTURE SERIES
Abstrak :
  •  

Pendengaran merupakan kekurangan yang dimiliki oleh para peserta didik tunarungu, dan hal ini mempengaruhi perkembangan bahasanya, jika mereka tidak ditangani dengan hati-hati. Kurikulum mata pelajaran bahasa Inggris untuk peserta didik tunarungu  mengikuti kurikulum umum, dimana mereka juga harus mempelajari berbagai jenis teks, dan diantarana adalah teks deskriptif. Sayangnya, sebagian besar siswa mengalami kesulitan menuliskannya,  disebabkan oleh kurangnya kosa kata, struktur bahasa yang harus dimengerti, dan ejaan yang harus mereka pahami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik tunarungu dalam menulis teks deskriptif melalui gambar berseri. Penelitian studi kasus ini dilakukan kepada tujuh peserta didik tunarungu di salah satu sekolah luar biasa di kota Bandung. Melalui penerapan teknik gambar berseri dalam penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan enam kegiatan penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan ketertarikan mereka untuk menulis yang berimbas kepada kemampuan menulis mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan  kemampuan keenam peserta didik dalam menulis teks deskriptif. Peningkatan nilai menulis sudah nampak pada siklus pertama, walaupun ada satu siswa yang masih memiliki nilai 65. Setelah pelaksanaan siklus dua, skor bertambah baik dengan nilai tertinggi menjadi 90, sedangkan nilai terendah adalah 70. Terdapat peningkatan rata-rata hingga 4,71 poin. Dengan adanya peningkatan nilai, maka dapat dikatakan bahwa gambar berseri dapat menumbuhkan kemampuan siswa untuk menulis teks deskriptif.

 

Key words:  Deaf and Hard of Hearing, picture series, classroom action research

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 5 / 2018
ISSN/ISBN : 25992782
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : BAHASA & SASTRA INGGRIS
Bibliography :

BIBLIOGRAPHY

Alimin, Zaenal. (2008). Hambatan Belajar dan Hambatan Perkembangan pada Anak yang Mengalami Kehilangan Fungsi Pendengar. http://www.z-alimin.blogspot.com

Alwasilah, A. Chaedar. (2007). Politik Bahasa dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, H. Douglas. (1994). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedadogy. Third Edition. New York: Pearson Education Company.

Hammill, David D. and Stephen C. Larsen. (1996). Test of Written Language, 4th Ed. (TOWL-4). pearsonclinical.com/language/.../test-of-written-language-fourth-edition.

Hartley, James. (2008). Academic Writing and Publishing. New York: British Library Cataloging Publication.

Keir, June. (2009). Text Types Book and Informative Texts: Recoqnizing and Creating Procedures, Explanation, Recount and Description. Greenwod: Ready Ed. Publication.

Lang, Harry G, and John A. Albertini. (2002). Construction of Meaning in Authentic Writing of Deaf Students. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 6:4 Fall, 2002.

Lingga, Vera I. (2012). The Word Orders of Sentential Construction Possessed by Deaf Child and Normal Hearing Child. Unpublished Thesis, Universitas Negeri Padang (Lingga.vera@yahoo.com)

Meyers, A. (2005). Gateways to Academic Writing: Effective Sentences Paragraph and Essay. New York: Longman.

Moores, Donald F., and David S. Martin. (2006). Deaf Learners: Developments in Curriculum and Instruction. Washington, DC: Gallaudet University.

Paul, Peter V. (2009). Language and Deafness. Fourth Edition. Sudbury, MA: Jones & Barlett Publication.

Paul, Peter V., and G. Whitelaw. (2011). Hearing and Deafness: NA Introduction for Health and Education Professionals. MA: Jones & Barlett Publication.

Raimes, Ann. (1983). Techniques in Teaching Writing. New York: Oxford University Press.

Somad, P., and T. Hernawati. (1995). Ortopedagogik Anak Tuna Rungu. Jakarta: Depdikbud- Dirjen Dikti.

Wright, Andrew. (1989). Pictures for Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

URL :

 

Document

 
back