Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Erniyati , Mulyati

Judul : PENCARIAN JALUR TERDEKAT MENUJU RUMAH SAKITDIKOTA BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA A STAR
Abstrak :

Pencarian jalur terpendek (shortesh path) merupakan salah satu solusi dalam pencarian

suatu lokasi yang terdekat jika terdapat beberapa jalur yang dapat dilaluinya. Seperti halnya

dalam pencarian rumah sakit di kota Bogor. Kota Bogor merupakan kota yang cukup luas dan

memiliki jalur yang cukup banyak. Untuk mencapai rumah sakit yang dituju dibutuhkan informasi

jalur terdekat guna meminimalisir biaya dan waktu yang lebih efisien. Ada beberapa algoritma

yang bisa digunakan untuk pencarian jalur terdekat diantaranya yaitu algoritma A* (star),

algoritma ini membuang langkah-langkah yang tidak perlu dengan pertimbangan bahwa

langkah-langkah yang dibuang sudah pasti merupakan langkah yang tidak akan mencapai

solusi yang diinginkan. Sistem ini selanjutnya dihubungkan dengan perangkat mobile yang

berbasis android. Dengan menerapkan Algoritma A* (star) diharapkan dapat membantu dalam

mencari dan menentukan lintasan terpendek sehingga didapat suatu jalur yang optimal untuk

mencapai rumah sakit di Kota Bogor.

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 16 / 2019
ISSN/ISBN : 2654-3990
PTN/S : UNIVERSITAS PAKUAN Program Studi : ILMU KOMPUTER
Bibliography :

[1] Irsyad M dan Rasila E. 2015. Aplikasi pencarian lokasi gedung dan ruangan Universitas

Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada platform Android menggunakan algoritma A

Star(A*), Jurnal CoreIT, 1 (2), Desember 2015.ISSN:2460-738X.

[2] Putra, R. D., Aswin, M., & Djuriatno, W. 2012. Pencarian Rute Terdekat Pada Labirin

Menggunakan Merode A*. Jurnal EECCIS, 6(2).

[3] Juhara, Zamrony P. 2016. Panduan Lengkap Pemrograman Android. ANDI. Yogyakarta.

[4] Imam Ahmad, Wahyu Widodo. 2017. Penerapan Algoritma A Star (A*) pada

GamePetualangan Labirin Berbasis Android. Khazanah Informatika. 3(2): 57-62

[5] Tosida, E, T., Walujo, A, D., Ardiansyah, D., dan Yuliani. 2018. Media Belajar Batik

Berbasis Teknologi Augmented Reality. Prosiding Kevin Prathama Nugraha1, Dr. Ir.

BambangHidayat, IPM2, Leanna VidyaYovita, S.T., M.T. 2017. PerancanganAplikasi Dan

ImplementasiPencarianLokasiTerdekatPadaKawasan Telkom University Berbasis

Android. e-Proceeding of Engineering: 4(2) Agustus 2017. ISSN: 2355-9365.

[6] Muh. Yamin, Moh. Bandrigo Talai. 2017. Aplikasi Pencarian Jalur Terpendek Pada

Rumah Sakit Umum Bahteramas Menggunakan Algoritma A* (A-Star). Jurnal Informatika

9(2): 1065-1078

[7] Yoki Firmansyah, Udi. 2018. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan

Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh

Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika

4(1): 184-191.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/komputasi/article/view/1729

 

Document

 
back