Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Tjut Awaliyah Zuraiyah, Dian Kartika Utami, Degi Herlambang

Judul : IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK
Abstrak :

Chatbot adalah perangkat lunak yang dapat berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa alami. Model percakapan menggunakan kecerdasan buatan agar mampu memahami ucapan pengguna dan memberi tanggapan yang relevan dengan masalah yang dibahas oleh pengguna. Pendaftaran mahasiswa baru memerlukan banyak informasi mengenai prosedur pendaftaran di perguruan tinggi. Website pendaftaran online di Universitas Pakuan masih sebatas berisi informasi umum. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi Chatbot otomatis yang dapat berkomunikasi dengan manusia mengenai informasi pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Pakuan menggunakan Recurrent Neural Network (RNN) untuk klasifikasi teks. Aplikasi Chatbot diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Python dan Telegram API. Tahapan pada implementasi Chatbot terdiri dari preprocessing, transformasi data ke format .JSON, pelatihan data, bag of word dan full connection. Pengujian aplikasi Chatbot menggunakan data sebanyak 251 kalimat pertanyaan tentang pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Pakuan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Chatbot dapat menjawab pertanyaan mengenai pendaftaran mahasiswa baru dengan akurasi sebesar 88%, presisi sebesar 95% dan recall sebesar 92%.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 24 / 2019
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Bogor Program Studi : ILMU KOMPUTER
Bibliography :

[1] K. Bala, M. Kumar, S. Hulawale, dan S. Pandita, “Chat-bot for college management system using A.I,” International Research Journal Of Engineering and Technology (IRJET), vol. 4, no. 11, hal. 2030 – 2033, 2017.

[2] M. H. Wijaya, M. Sarosa, dan H. Tolle, “Rancang bangun Chatbot pembelajaran Java pada Google Classroom dan Facebook Messenger,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 5, no. 3, hal. 287 – 296, 2018.

[3] Maskur, “Perancangan Chatbot pusat informasi mahasiswa menggunakan AIML sebagai virtual assistant berbasis web”, KINETIK, vol. 1, no. 3, hal. 123 – 128, 2016.

[4] S. P. Lende dan M. M. Raghuwanshi, “Question answering system on education acts using NLP techniques,” Dipresentasikan pada IEEE World Conference on Futuristic Trends in Research and Innovation for Social Welfare, Coimbatore, India, 2016.

[5] P. Muangkammuen, N. lutiruk, dan K. R. Saikaew, “Automated Thai-FAQ Chatbot using RNN-LSTM,” In Proc. 22nd IEEE International Computer Science and Engineering Conterence (ICSEC), 2018, hal. 1 – 4.

[6] P. Tanwar, T. V. Prasad, dan K. Datta, “An effective reasoning algorithm for question answering system,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA) Special Issue on Natural Language Processing, hal. 52 – 57, 2014

URL : https://drive.google.com/file/d/1znaPBM9rNt1QQOtIQUWvhIJgUc503vlv/view?usp=share_link

 

Document

 
back