Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Restiawan Permana, Yusmawati

Judul : Sinetron dan Panggung Sandiwara (Komodifikasi NilaiNilai Kehidupan dalam Televisi)
Abstrak :

Televisi merupakan salah satu media massa yang dapat menyajikan acara-acara tentang potret kehidupan dan perilaku sehari-hari baik dalam bentuk kisah nyata maupun dramatisasi sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Salah satu program televisi yang diandalkan bagi setiap stasiun televisi adalah sinetron. Drama atau sinetron misalnya, adalah salah satu format acara yang bisa memainkan karakter dan penokohan dalam membawa emosi penonton larut dalam cerita dan adegan yang diperankan. Tidak jarang cerita dalam setiap sinetron merupakan proses komodifikasi nilai-nilai kehidupan, mulai dari kemewahan, kemiskinan, asmara, bahkan perselingkuhan. Komodifikasi bagi Mosco digambarkan sebagai transformasi nilai guna menjadi nilai tukar, dimana hal yang pada dasarnya tidak bernilai jual ditransformasikan menjadi suatu komoditas yang bisa dijual. Dalam hal ini, nilai-nilai kehidupan yang sering kita saksikan di sekitar dijadikan produk media, dan menjadi tontonan populer yang berhasil menarik perhatian penonton ataupun pengiklan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. cerita dalam sinetron Orang Ketiga bagaikan panggung sandiwara. Penulis meminjam istilah Dunia Ini Panggung Sandiwara karya William Shakespeare dan istilah karya penyair Indonesia Taufiq Ismail. Cerita biasa dibuat sedemikian rupa, namun dampaknya luar biasa. Di sinilah terjadinya komodifikasi nilai-nilai kehidupan. Apalagi pengukuran rating dan share, seakan menjadi “dewa” dalam menentukan kesuksesan program televisi, dan ini merupakan strategi bisnis perusahaan media massa dalam membuat program unggulan. 


Kata kunci: sinetron, komodifikasi, nilai-nilai kehidupan, televisi 

Tahun : 2018 Media Publikasi : Seminar Nasional
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 0 / 0 / 2018
ISSN/ISBN : ISBN: 9-786021-356128
PTN/S : Institut STIAMI Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.  
Effendy, Onong Uchjana. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.  
J.W. Creswell. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.  
Labib, Muh. (2002). Potret Sinetron Indonesia. Jakarta: PT Mandar Utama Tiga Books Division.  
Mayaningrum, Hana Qodzari dan Agus Triyono. (2016). “Komodifikasi Hijab dalam Iklan Kosmetik Sophie Paris Versi ‘Natural & Halal’ di Televisi.” Jurnal Channel Vol.4, No. 2, Oktober 
Miles, M dan Huberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press. 
Morrisan. (2008). Manajemen Media Penyiaran. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.  
Mosco. (2009). The Political Economy of Communication. New Delhi: SAGE.  
Nuraeni, Asri dan Rona Mentari. (2013). “Komodifikasi Dai di Televisi: Kajian Ekonomi Politik Media.” Jurnal Komunikator Vol. 5 No. 04  
Rakhmat, Jallaludin. (2000). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 
Setyobudi, Ciptono. (2005). Pengantar Teknik Broadcasting Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 
Susena, Edy, (2015). “Pengaruh Sinetron Televisi Terhadap Pola Hidup Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Boyolali.” Jurnal Sainstech Vol. 1 No. 04.  
Siregar, Ashadi. (2001). Menyikapi Media Penyiaran: Membaca Televisi Melihat Radio Cet.I. Yogyakarta: LP3Y.  
Internet  
Azasya, Stella. (2018). Tayang Bertahun-tahun, Ini 10 Sinetron dengan Episode Terpanjang. Dalam  https://www.idntimes.com/hype/entertainment/stella/tayang-bertahun-tahun- ini-10-sinetron-dengan-episode-terpanjang/full diunduh 22 November 2018 pukul 13.04 WIB 

Cahyono, Robertus Didik Budiawan. (2017). Acara Apa yang Paling Diminati Penonton Televisi? Ini Hasil Survei Komisi Penyiaran Indonesia. Dalam (http://lampung.tribunnews.com/ 2017/11/23/acara-apa-yang-paling-diminati-penonton-televisi-ini-hasil-survei-komisi- penyiaran-indonesia diunduh 20 November 2018 pukul 19.10 WIB Hareyah, Yoyoh. (2012). Komodifikasi Budaya Lokal dalam Iklan: Analisis Semiotik Pada Iklan Kuku Bima Energi Versi Tari Sajojo. Dalam http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/ t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_401232661485.pdf diunduh 21November 2018 pukul 19.10 WIB  
Juniman, Puput Tripeni. (2017). Mengulik Nielsen, Perusahaan Penghitung Rating Televisi https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20170922131852-220-243328/mengulik-nielsen- perusahaan-penghitung-rating-televisi diunduh 21 November 2018 pukul 23.07 WIB.  
Yusuf, Iwan Awaluddin. (2010). Kritik Sinetron Indonesia: Menyoal Tayangan Tayangan “Sampah” di Televisi. https://bincangmedia.wordpress.com/2010/03/20/kritik-sinetron-indonesia-menyoal- tayangan-%E2%80%9Csampah%E2%80%9D-di-televisi/ diunduh 24 November 2018 pukul 01.20 WIB 

URL :

 

Document

 
back