Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Restiawan Permana

Judul : Strategi Komunikasi Dakwah Band Wali Melalui Lagu “Cari Berkah”
Abstrak :

The so-called religious songs are increasingly recognized and positively responded by many, both children and adult. They then become an alternative trend in prose–lytizing, in addition to lecturing. Wali is a musical group in Indonesia that has a commitment to spread Islamic religious symbols through the lyrics of its songs. By using descriptive analysis, this article examines the song entitled Cari Berkah by the group as a strategy of proselytizing communication. The study results show that the song has delivered a positive message in accordance with Islamic law, as the group leads the listeners to become aware of the importance of helping each other. Keywords: song lyric, proselytizing strategy, wali band, des–criptive analysis.

Tahun : 2013 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 3 / 2013
ISSN/ISBN : 2655-5212
PTN/S : Universitas BSI Bandung Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

Amrullah, Ahmad. 1985, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial, PLP2M, Yogyakarta.

Anshari, Isa. 1995, Mujahid Dakwah, PT Diponegoro, Bandung.

Basrowi & Suwandi. 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Bisri, Hasan, 2009. Filsafat Dakwah, Dakwah Digital Press, Surabaya.

Bogdan, Robert & Steven J. Taylor. 1993, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif (Terjemahan A. Khozim Afand), Penerbit Usaha Nasional, Surabaya.

Dermawan, Andy. 2005, Ibda Bi Nafiska Tafsir Baru Keilmuan Dakwah, Tiara Wacana, Yogyakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2000, Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Hamidi, 2008. Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian, UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Kriyantono, Rakhmat. 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Prenada Media Group, Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy. 2002, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyani, Euis Sri. 2003, Panduan Pengajaran Seni dalam Islam, Departemen Agama RI, Jakarta.

Muhsin, Habib. 2008, Menggagas Model Komunikasi Dakwah “Bil Hal” di Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial Alternatif vol. IX no. 2, hal. 146, APMD, Yogyakarta

Ruslan, Rosady. 2000, Manajemen Public Relations dan Manajemen Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sobur, Alex. 2003, Semiotika Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono. 2009, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D, CV Alfabeta, Bandung.

Suseno, Darmo Budi. 2005, Lantunan Shalawat + Nasyid Untuk Kesehatan dan Melejitkan IQ-EQ, SQ, Media Insani, Yogyakarta.

Sutopo, H.B. 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

West, Richard dan Lynn H. Turner. 2007, Pengantar Teori Komu–nikasi 2: Analisis dan Aplikasi, Salemba Humanika, Jakarta.

Wulandari, Dinny Arisoffi. 2010, Representasi Dakwah dalam Lirik Lagu Tobat Maksiat Pada Album Ingat Sholawat Karya Wali Band (Studi Semiologi Representasi Dakwah dalam Lirik Lagu Tobat Maksiat), UPN Veteran, Surabaya.

Internet

Istilah-Istilah Umum dalam Lagu (diupdate 23/7/2011). Diakses pada 23/2/2012 dari http://keyboardiz.com/?p=article&id=929

Rima dalam Puisi (diupdate 25/8/2010). Diakses pada 25/2/2012 dari http://kelasmayaku.wordpress.com/2010/08/25/rima-dalam-puisi/

Senandung Cahaya Islam Melalui Pop Religi (diupdate 11 Januari 2010). Diakses pada 15 Februari 2013 dari http://qultummedia.com/Kabar-Qultum/Review-Buku/senandung cahaya-islam-melalui-pop-religi.html

Profil Wali. Diakses pada 15/2/2013 dari http://waliband.net/profil.php

URL : http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view/17/14

 

Document

 
back