Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Nurtriana Rizkawati

Judul : Imperialisme Kebudayaan dalam Televisi Nasional
Abstrak :

Globalisasi industri telah merasuk ke semua lini, termasuk di dalamnya adalah media. Salah satu peran media adalah berperan aktif dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan informasi. Media yang berperan salah satunya adalah media televisi. Sistem yang terbuka sejak orde baru membuka peluang dalam bisnis televisi, terutama para pengusaha media. Pengusaha dalam media, terutama televisi membawa suatu misi-misi tertentu lewat media tabung tersebut. Misi tersebut memunculkan imperialisme kebudayaan pada masyarakat di Indonesia yang masih memiliki kesadaran rendah dan tidak menyadari adanya transfer imperialisme kebudayaan melalui media tersebut.

Tahun : 2011 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 8 / 1 / 2011-2012
ISSN/ISBN : 0853-5876
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : ILMU KOMUNIKASI
Bibliography :

AlFaruki,  J. 2006. Kembalikan Indonesiaku. http://www.polarhome.com/piper- mail/nusantara/2002         October/000575.html  2:32   PM   10/4/2006

Bakker.  J.W.M.  1984.  Filsafat Kebudayaan: Sebuah     Pengantar.     Yogyakarta: Kanisius

Budiawan,    M.H.    2004.    "PerkembanganKomik     Indonesia      (1935-1985)': Skripsi   Tidak    Diterbitkan.    Jatinangor:   Jurusan  Sejarah   Fakultas Sastra      Universitas     Padjajaran.

Chaffe,   S.H.    2002.   Political   Communi­ cation  dalam  Dahnke.   G.L.   2002. Human    Communication:    Theory and     ResearchBelmont,   Ca.: Wadsworth

Djarot, E. 2005. Saatnya Duduk Bersama. http://www.unisos dem. org/ art icle_p ri n tfrie ndl y php ?aid=6357 &coid=3&caid=312:33 PM 10/4/2006

McChesney,    R.    2006.    Global     media, neoliberalism   &   imperialism   In- ternational  Socialist  Review,  Aug/ Sep.2001. http:/ /www. th i r- dworldtraveler.com/McChesney GlobalMedia_Neoliberalism.html2:34 PM 10/4/2006,   B.   26   Januari    2000.   Pencitraan Perempuan         Dalam         Media. http://www.pikiran-rakyat. com/cetak/2005/0105/26/0802 htm 6:07 PM 2/27/2006

Rakhmat.  J.   2004.  Psikologi  Komunikasi.Edisi 21. Bandung: Rernaja Rosda- karya

Salim.  A.  2002.  Perubahan   Sosial  Sketsa Teori    dan     Refleksi     Metodologi Kasus Indonesia.  Yogyakarta:  Tiara Wacana

Steger.  M.  2002.  Globalisme.  Bangkitnya Ideologi  Pasar.  Yogyakarta:  Lafadl. Subiakto,    H.    2006,    http://www.riaupos com/web/content/view/9393/ l/12:33 PM 10/4/2006

Wuryanta, A.G.E.W    Tarik  Ulur  Globali­ sasi Media  Vs  Kepentingan  Publik Di   Indonesia.   (Refleksi   Perspektif Etis Regulasi Media  MassDalam Konteks   Transisi  Menuju    Demkrasi Indonesia Dan G/obalisasi Media)

URL :

 

Document

 
back