Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Alo Karyati, Paramita Winny Hapsari

Judul : Kaiwa Learning Effectiveness using Interview Method in Improving Japanese Speaking Comprehension
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menentukan kemampuan peserta LPK Matsushita Gobel Foundation Jakarta untuk berbicara bahasa Jepang sebelum menggunakan metode wawancara. (2) Tentukan kemampuan peserta Universitas Pakuan untuk berbicara dalam bahasa Jepang sebelum menggunakan metode wawancara. (3) Mengetahui perbedaan kemampuan peserta LPK Matsushita Gobel Foundation Jakarta untuk berbicara bahasa Jepang sebelum dan sesudah menggunakan metode wawancara. (4) Tentukan apakah metode ini dapat meningkatkan kemampuan peserta LPK Matsushita Gobel Foundation Jakarta untuk berbicara bahasa Jepang atau tidak. (5) Dapatkan umpan balik dari peserta LPK Matsushita Gobel Foundation Jakarta terhadap metode ini. Penelitian ini adalah tindakan kelas, menggunakan eksperimen semu yang berfokus pada satu kelas sampel. Instrumen penelitian terdiri dari pretest dan post-test, kuesioner, dan wawancara. Hasil wawancara tersebut dilaporkan di depan kelas menjadi serangkaian cerita. Dengan metode wawancara ini, tidak hanya peserta dapat melakukan percakapan dengan banyak orang, tetapi para peserta dapat mengulangi hasil wawancara ke kelas dan dilakukan dengan cara seperti memberikan pidato.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi A
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 7 / 2019
ISSN/ISBN : 2685-6662
PTN/S : Universitas Negeri Semarang Program Studi : BAHASA & SASTRA JEPANG
Bibliography :

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya. Heryati, Yeti. (2009) Penerapan Model Pembelajaran Siswa Aktif (Student Active Learning) bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Kagan, Dr. Spencer. 1994. “Cooperative Learning”. Kida, Mari, et al (2007). Hanasu o Oshieru. Japan: The Japan Foundation. Kobayashi, Mina. Yoku Wakani Kyoojuhoo Nihongo Kyooiku Nooryoku Kentei. 2001. Tarigan, HG. (ed). 1981. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

URL : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/issue/view/1614

 

Document

 
back