Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rini Sri Indriani, Yuli Mulyawati, Mira Mirawati

Judul : ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TULISAN TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MAHASISWA
Abstrak :

Abstrak. Salah satu fungsi mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara umum adalah sebagai sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia untuk meraih dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 November 2019 di Kelas 5D PGSD FKIP UNPAK dengan jumlah 26 orang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 23 orang perempuan,Tahun Akademik Gasal 2019-2020. Hasil penelitian yang peneliti lakukan diolah dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan tentang penilaian karangan deskriptif dengan menggunakan media Animasi Tulisan Tangan diperoleh hasil rekapitulasinya sebagai berikut : Untuk isi atau gagasan yang dikemukakan memperoleh nilai 77 dengan kriteria Sangat baik. Organisasi isi memperoleh nilai 78 dengan kriteria Sangat Baik. Tata Bahasa memperoleh nilai 78 dengan kriteria Sangat Baik. Gaya: pilihan struktur dan kosakata memperoleh nilai 76 dengan kriteria Sangat Baik. Hasil rekapitulasi Penilaian penggunaan media animasi Tulisan tangan  pada pembuatan karangan deskriptif untuk indikator kesesuaian materi 100% mahasiswa telah sesuai sehingga kriterianya Sangat Baik,. Durasi pembuatan animasi 100% telah sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu maksimal 30 menit sehingga kriterianya Sangat Baik. Keindahan penampilan dalam animasi Tulisan Tangan yang telah dibuat hanya 75% dengan kriteria Sangat Baik. Tulisan yang dibuat  memperoleh 100% sesuai sehingga kriterianya Sangat Baik.

Kata Kunci: keterampilan menulis; karangan deskripsi; media animasi tulisan tangan

Tahun : 2020 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 3 / 2020
ISSN/ISBN : e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

 
REFERENSI
[1] Saddhono, Kundharu. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indoneisa Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.  [2] Kristiantari, Rini. 2004. Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar Menulis Deskripsi dan Narasi. Sidoarjo: Media Ilmu.[3] Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta Gavamedia. [4] Sadiman, A. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada [5] Suparno dan Mohamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka. [6] Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.  [7] Salim, A. 2003. Animasi dengan Flash. Universitas Lampung.  [8] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kuali-tatif, dan R&D). Bandung: Alfabet [9] Moleong,  Lexy  J.  2009.    Metode  Penelitian  Kualitatif.  Bandung:  RemajaRosdakarya [10] Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Rev.ed. Bandung: Penerbit Angkasa [11] Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. [12] Suheri Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran.  Jakarta : Elecmedia Komputindo

URL :

 

Document

 
back