Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Lina Novita, Elly Sukmanasa, Devi Cahya

Judul : HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP DIRI
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran dengan konsep diri. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode studi korelasional. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument angket untuk kedua variabel. Uji validitas instrumen penggunaan media pembelajaran dan konsep diri dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Populasi terdiri dari siswa kelas VA,VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 2 berjumlah 94 siswa. Sampel 48 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan konsep diri. Analisis statistik menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,69, artinya tingkat hubungan tergolong kuat dan diperoleh thitung sebesar 8,80 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021 yang berarti signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran dengan konsep diri siswa.
Kata Kunci: media pembelajaran; konsep diri
RELATIONSHIP USING LEARNING MEDIA WITH SEL

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 3 / 2020
ISSN/ISBN : 2623-0232
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

[1] Sutisna, Entis dan Novita, Lina. 2020. Media dalam Pembelajaran. Bogor: PGSD Press.
[2] Sukmanasa, Elly, Novita, Lina, dan Majid, Rifky Abdul. 2019. Use Of Learning Video Media On Human And Environmental Subthema. Journal JHSS. Vol. 3 No. 2. e-ISSN: 2598-120X; p-ISSN: 2598-117X
[3] Novita, Lina, Windiyani, Tustiyana, dan Fazriani, Rifa. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal JPPGuseda. Vol. 2 No. 2 e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941
[4] Novita, Lina, Windiyani, Tustiyana, dan Fauziah, Siti Sarah. 2020. Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Di Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Bogor. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) UNS. Vol. 6 No.1. 2443-3268
[5] Ambarwati. 2016. Hubungan Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas IV SD” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.1(4). h.927.
[6] Daryanto. 2018. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
[7] Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
[8] Adam, S. & Syastra, M.T. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Jurnal: CBIS Journal, 3 (2), hlm. 78-90.
[9] Agustiani. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika
[10] Gufron,Nur. 2012. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
[11] Marcher, Jenny. dkk. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga
[12] Surya, Moch. 2013. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
[13] Rakhmat. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja
[14] Ubaedy. 2013. Total confidence. Jakarta: Bee Media Pustaka
[15] Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja
[16] Novita, Lina. 2019. Hubungan antara Konsep Diri Dan Disiplin Siswa Pada Siswa kelas V di SDN Kota Batu 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor”. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. Vol.2, (1).
[17] Firdaus, Indra Cahya. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. DOI: 10.32493/informatika.v2i1.1505
[18] Adawiyah, Silmi Siti Rabiatul. 2018. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Iv Mi Al Madani Tajur Halang Kab. Bogor. DOI: 10.32507/attadib.v1i2.23

URL : http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

 

Document

 
back