Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yuli Mulyawati, Sapriya, Disman

Judul : MEMBINA NILAI BUDI PEKERTI MELALUI PENDEKATAN KLARIFIKASI NILAI (VALUE CLARIFICATION APPROACH) PADA PEMBELAJARAN PKN
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan secara Kolaboratif dengan  empat  siklus.  Tujuan  utama  dalam  penelitian  ini  adalah  untuk  membantu  siswa menyadari dan mengidentifikasi nilai-nilai mereka sendiri serta nilai-nilai orang lain; berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan orang lain, berhubungan dengan nilai-nilainya sendiri; berpikir rasional dan kesadaran emosional untuk memahami perasaan, nilai-nilai, dan pola tingkah laku mereka sendiri. Subyek penelitian ini adalah 13 orang laki-laki dan 15 orang perempuan.   Pelaksanaan   penelitian   dilaksanakan   pada   semester   ganjil   tahun   pelajaran

2011/2012. Hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa persentase aktivitas afektif siswa yaitu

50% dengan kategori cukup, hal ini disebabkan karena dalam proses perencanaan masih banyak kekurangannya, guru dalam perencanaan tidak memasukan potensi-potensi hakiki yang dimiliki siswa yang ada dan berkembang di sekitar lingkungan siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru kurang mengarahkan siswa untuk dapat mengungkapkan nilai-nilai yang mereka yakini, merefleksikan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini diperbaiki pada siklus II. Pada Siklus II   perencanaan lebih dititik beratkan pada aspek-aspek nilai-nilai budi pekerti  yang merupakan hidden curiculum dari tema/sub tema pokok pembelajaran PKn, Menambahkan potensi-potensi hakiki yang dimiliki siswa dan potensi-potensi yang ada dan berkembang di sekitar lingkungan siswa. Dalam pelaksanaan siswa dapat mengarahkan perhatiannya pada berbagai aspek kehidupan mereka, dapat mengidentifikasi hal-hal yang mereka nilai, menerima posisi orang lain tanpa pertimbangan, lebih banyak berbuat sebagai refleksi nilai, berfikir dan berbuat lebih lanjut dalam rangka pengembangan dirinya. Dalam Refleksi terlihat dengan pendekatan klarifikasi nilai dapat terbina nilai-nilai Budi Pekerti dalam diri siswa, antara lain: sopan santun dalam berperilaku, tenggang rasa, saling menghargai, kebebasan mengeluarkan pendapat,  saling  menghormati,  ketaatan,  dan  lain-lain.  Sedangkan  Peningkatan  hasil  belajar siswa berupa: Kemandirian siswa dalam belajar, kemampuan siswa dalam mengeluarkan pendapat, kemampuan menilai dengan rasional dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

 

 

Kata Kunci : pendekatan klarifikasi nilai, nilai budi pekerti, hasil belajar, pembelajaran PKn

Tahun : 2013 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 5 / 2013
ISSN/ISBN : 1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Daftar Pustaka

Elmubarok,  Z.  (2009).  Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan yang Terserak. Menyambung yang Terputus dan   Menyatukan     yang     Tercerai. Bandung. Alfabeta

 

Hakam,     K.A.     (2007).     Bunga     Rampai

Pendidikan Nilai. Bandung. UPI.

 

Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide To Classroom  Research.  Philadelphia Open University Press. Milton Keyness.

 

Joyce.   Bruce   and   Weil,   Marsha.   (1980).

Models of Teaching. 2-nd edition, New

Jersey. Prentice Hall Inc.

 

Lubis, M. (2009). Evaluasi Pendidikan Nilai.

Yogyakarta. Pustaka Pelajar

 

 

 

Mohamad, S. (2000). Pendekatan Holistik Dalam                Pendidikan     Budi     pekerti. Bandung. Yayasan Istqomah.

 

Sapriya. (2001). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran Bercirikan Budi Pekerti berbasis nilai lokal. Makalah. disampaikan dan diseminarkan dalam seminar Nasional dan  Kongres Forum komunikasi Pimpinan FIPS/FIS?IKIP Universitas/IKIP Seindonesia serta HIPSI. Semarang 22-24

 

Ramli, Z, T. (2000). Pendekatan-pendekatan nilai dan Implementasi dalam Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. Jakarta. Balitbang Depdiknas

 

Raths, L.E. Harmin, Meerill. Simon, Sidney. B. (1976), Values Teaching: working with Values in The Classroom. Ohio. A. Charles E. Merrill professional

 

Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung. Rosdakarya

URL :

 

Document

 
back