Abstrak |
: |
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SON Sukasari 1 Kota Bogor. Peneli~ian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan subyek yang diteliti, Subyek penelitian ini adalah siswa SON Sukasari 1 Kota Bogor kelas IV yang terdiri dari
25 siswa, dengan komposisi perempuan 16 siswa lakl-laki dan 9 siswa perernpuan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014
Pencapaian kompetensi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan saat ini masih kurang optimal. Asumsi dasar yang menyebabkan pencapaian kompetensi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kurang optimal adalah kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran, dan kurangnya peran serta (keaktifan) siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Hal yang harus dilakukan guru dalam mengatasi masalah tersebut adalah guru harus dapat berinovasi dalam pembelajaran salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran KooperatifTeamGames Tournament agar siswa tidak merasa jenuh atau monoton. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga siswa akan termotivasi untuk belajar, yang dampak akhirnya adalah pencapaian hasil belajar siswa akan meningkat.
Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan mengadakan tes awal kepada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 1, didapatkan permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini ditandai dengan minimnya nilai siswa yang mencapai KKM untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu 70. Data penelitian menunjukkan dari jumlah 2S slswa, siswa yang nilainya dibawah dari KKM sejumlah 16 siswa atau 24%, dan nilai yang mencapai KKM sejumlah 9 siswa atau 24%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada siklus satu pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 64 yang mencapai ketuntasan 36%, siklus satu pertemuan kedua memperoleh nilai rata-rata
69,20 yang mencapai ketuntasan 68% dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 84 yang mencapai ketuntasan 92%. Oari hasil penelitian dapat dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SON Sukasari 1 Kota BogorTahun Pelajaran 2013/2014.
|
Bibliography |
: |
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Be/ajar dan Pembe/ajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Fajar, Arnie. 2009. Portofolio Da/am Pe/ajaran IPS. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Narwanti, Sri dan Somadi. 2012. Panduan Menyusun Si/abus dan Rencana Pe/aksanaan Pembelajaran.
Yogyakarta : Familia.
Rosyada, Dede, Ubaedillah, A, Rozak, Abdul, Sayuti, Wahdi, Farida, Hamid dan Syafrani, Andi . 2003.
Demokrasi, Hak Asasi Man usia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media. Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Gratindo Persada.
Sapriya, Rahmat, Sundawa, Dadang, Masyitoh, Siti, lim dan Syaifullah. 2009. Pembelajaran
Kewarganegaraan. Bandung : UPI Press.
Suprijono, Agus. 2009. "Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM: Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Tot nasional-ekspansi. 2010. Pembelajaran Aktif untuk Perguruan Tinggi. Bandung : ALFHE. Winataputra, Udin S. 2011. Pembe/ajaran PKn di SO. Jakarta: Universitas Terbuka.
|