Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Yuli Mulyawati

Judul : penerapan model pembelajaran kooperatif team gmes tournament untuk menigkatkan hasil belajar pada mata plajaran pendidikan kewarganegaraan
Abstrak :

Penerapan  Model  Pembelajaran   Kooperatif   Team Games Tournament  Untuk  Meningkatkan    Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan  Kewarganegaraan  kelas IV SON Sukasari 1 Kota Bogor. Peneli~ian ini merupakan   Penelitian Tindakan  Kelas (PTK). Dilakukan  secara kolaboratif   antara  peneliti,  observer dan subyek yang diteliti,  Subyek penelitian  ini adalah siswa SON Sukasari 1 Kota Bogor kelas IV yang terdiri  dari

25 siswa, dengan  komposisi  perempuan   16 siswa lakl-laki  dan 9 siswa perernpuan.  Penelitian  ini dilakukan pada semester ganjil tahun  pelajaran  2013/2014

 

Pencapaian   kompetensi       pada   mata   pelajaran   Pendidikan    Kewarganegaraan    saat  ini   masih kurang optimal.  Asumsi dasar yang menyebabkan  pencapaian kompetensi  mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan    kurang   optimal    adalah   kurangnya   kemampuan    guru   dalam   menerapkan    model pembelajaran,  dan kurangnya  peran serta (keaktifan)  siswa dalam kegiatan  belajar mengajar.

 

Hal yang harus dilakukan  guru dalam mengatasi  masalah tersebut  adalah guru harus dapat berinovasi dalam pembelajaran  salah satunya adalah dengan menerapkan  model pembelajaran  KooperatifTeamGames Tournament  agar siswa tidak  merasa jenuh  atau monoton.  Penerapan model  pembelajaran  Kooperatif  Team Games Tournament dapat menarik  minat siswa untuk  belajar sehingga siswa akan termotivasi   untuk belajar, yang dampak  akhirnya  adalah pencapaian  hasil belajar siswa akan meningkat.

 

Hasil observasi awal yang dilakukan  oleh  peneliti  yaitu  dengan  mengadakan  tes awal kepada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukasari 1, didapatkan   permasalahan  yang dihadapi  adalah rendahnya  hasil belajar  pendidikan   Kewarganegaraan.  Hal ini ditandai  dengan  minimnya   nilai siswa yang  mencapai  KKM untuk  mata pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  yaitu 70. Data penelitian  menunjukkan   dari jumlah  2S slswa, siswa yang  nilainya  dibawah   dari KKM sejumlah  16 siswa atau 24%, dan nilai yang  mencapai  KKM sejumlah  9 siswa atau 24%.

 

 

Hasil penelitian   menunjukan   bahwa  hasil belajar  pada siklus satu pertemuan   pertama  memperoleh nilai rata-rata  64 yang mencapai  ketuntasan  36%, siklus satu pertemuan   kedua memperoleh   nilai rata-rata

69,20 yang  mencapai  ketuntasan   68% dan  meningkat   pada  siklus  kedua  memperoleh   nilai  rata-rata  84 yang  mencapai  ketuntasan  92%. Oari hasil penelitian   dapat  dapat  disimpulkan   bahwa   penerapan  Model Pembelajaran  Kooperatif   Team Games Tournament  dapat  meningkatkan    hasil belajar  pada mata  pelajaran Pendidikan  Kewarganegaraan  siswa kelas IV SON Sukasari 1 Kota BogorTahun   Pelajaran 2013/2014.

Tahun : 2013 Media Publikasi : prosiding
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : - / - / -
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Dimyati  dan Mudjiono.  2009. Be/ajar dan Pembe/ajaran. Jakarta:  PT Rineka Cipta. Fajar, Arnie. 2009. Portofolio Da/am Pe/ajaran IPS. Bandung  : PT.Remaja Rosdakarya.

Narwanti,  Sri dan Somadi. 2012. Panduan Menyusun Si/abus dan Rencana Pe/aksanaan Pembelajaran.

Yogyakarta  : Familia.

 

Rosyada, Dede, Ubaedillah,  A, Rozak, Abdul, Sayuti, Wahdi, Farida, Hamid  dan Syafrani, Andi . 2003.

Demokrasi,  Hak Asasi Man usia dan Masyarakat Madani. Jakarta:  Prenada Media. Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta:  PT.Raja Gratindo  Persada.

Sapriya, Rahmat, Sundawa, Dadang, Masyitoh,  Siti, lim dan Syaifullah.  2009. Pembelajaran

Kewarganegaraan.  Bandung  : UPI Press.

 

Suprijono,  Agus. 2009. "Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM: Yogyakarta  : Pustaka Pelajar. Tot nasional-ekspansi.  2010. Pembelajaran Aktif untuk Perguruan Tinggi. Bandung  : ALFHE. Winataputra,  Udin S. 2011. Pembe/ajaran PKn di SO. Jakarta:  Universitas Terbuka.

URL :

 

Document

 
back