Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Resyi A Gani, Nurma Alfianti, Dadang Kurnia

Judul : PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK DILIHAT DARI STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA
Abstrak :

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi peserta didik dilihat dari status sosial ekonomi orang tua sampel terdiri dari 128 peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SDN Kedunghalang 1, Kedunghalang 2 dan Kedunghalang 3 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor kelas IV tahun pelajaran 2019/2020. Motivasi berprestasi peserta didik menggunakan kuisioner skala Likert dan data pokok peserta didik digunakan untuk mengetahui status sosial sosial ekonomi orang tua. Uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal Lhitung ≤ Ltabel. Uji homogenitas Fhitung 0,9256≤ Ftabel 1,54 berarti populasi homogen. Uji kecenderungan motivasi berprestasi  menunjukkan peserta didik status sosial ekonomi tinggi berkategori sangat tinggi dan peserta didik status sosial ekonomi rendah berkategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis thitung (6,3788) > ttabel (1,97897) dengan koefisien korelasi (rxy) 0,62486 berarti terdapat perbedaan kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan perbedaan motivasi berprestasi peserta didik dilihat dari status sosial ekonomi orang tua diterima.

 

Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Motivasi Berprestasi, Kuantitatif

Tahun : 2020 Media Publikasi : Prosiding
Kategori : Prosiding No/Vol/Tahun : 2 / 1 / 2019
ISSN/ISBN : 978-623-90058-5-6
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, Puji. 2018. Perbedaan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar . Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Dalam Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan (Online). Volume 32 (2). Tersedia di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/7419 . [10 Mei 2019]

Cruickshak, Donald R, Deborah Bainer Jenkins dan Kim K. Metcalf. 2014. Perilaku Mengajar. edisi ke-6. Terjemahan Gisella Tani Pratiwi. Jakarta: Salemba Humanika

Damayanti, Andia Kusuma dan Rachmawati. 2016. Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau Dari Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar. Malang: Universitas Wisnuwardhana Malang. Dalam jurnal Psikovidya (Online). Vol 20 (1). Tersedia di

Djali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Ernawati, Lilik. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar Ekonomi Terhadap Literasi Ekonomi di SMPN 43 Surabaya. Surabaya: Unesa. Dalam Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan (Online). Volume 52).https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view  [5 Mei 2019].

Fauzan, Irwan. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar TIK Sub Jaringan Komputer Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pengajahan Kabupaten Serdang Bedagai. Medan: Universitas Negeri Medan. Dalam Jurnal Teknologi dan Komunikasi dalam Pendidikan (Online). Vol 3 (1). Tersedia di http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/500/4413   [5 Mei 2019].

Gerungan, W.A. 2010. Psikologi Sosial. Bandung; PT Refika Aditama

Hendrawan. 2015. Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Keluarga Menuju Sejahtera dan Siswa Reguler Program Keahlian Teknik Bangunan Di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta.Skripsi Tidak Diterbitkan

Idi, H. Abdullah. Sosiologi Pendidikan. 2016.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Indrawati, Endang Sri. 2015. Status Sosial Ekonomi Dan Intensitas Komunikasi Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga Di Panggung Kidul Semarang Utara. Semarang: Universitas Diponegoro. Dalam Jurnal Psikologi Undip. Volume 14 (1). Tersedia di https://media.neliti.com/media/publications/128078-ID-status-sosial-ekonomi-dan-intensitas-kom.pdf [5Mei 2019]

Iskandar. Psikologi Pendidikan: Orientasi Baru. 2012. Jakarta: Referensi

Jaya, Muliyadi. 2016. Pegaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta. Palangkaraya: STIE Palangkaraya. Dalam Jurnal Al-Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora (Online). Vol 2 (3). https://ojs.uinska-bjm-ac,id/index.php/ALSH/article/view/561 [10 Mei 2019]

Kurniawati. 2018. Peranan Motivasi Berprestasi, Budaya Keluarga dan Perilaku Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar PAI. Aceh: UIN Ar-Raniry. Dalam Jurnal Islamic Education (Online). Vol 1 (2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/JIE/article/view/2963  [5 Mei 2019]

Latipah, Eva.2017. Psikologi Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Lutviasari, Devvy dan Ninik Setyowani. 2016. Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Reguler Dengan Siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Semarang: Universitas Negeri Semarang. Dalam jurnal Indonesian Journal of Guidence and Counseling: Theory and aplication (Online). Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/indexs.php/jbk. Vol 5 (2). [5 Mei 2019]

Piem, Mbina. 2016. Pengaruh Pendidikan dan Status Sosial Ekonomi Kepala Keluarga Bagi Kesehatan Lingkungan Masyarakat. Medan: Universitas Medan Area. Dalam Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik (Online). Vol 4 (1). Tersedia di http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma/article/view/896  [5 Mei 2019]

Pramika. 2017. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Palembang: Universias Palembang. Dalam Jurnal Neraca (Online). Vol 1 (2). Tersedia di

https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/neraca/article/view/2207/2031 [5 Mei 2019]

Pratiwi, Desi Eka. 2019. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Tambaksari 1 Surabaya. Bogor: Universitas Pakuan. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Online). Vol 2 (1). Tersedia di https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/993/848 [5Mei 209]

Prawira, Purwa Atmaja.2016. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

Salamor, Jenny M. 2017. Hubungan Antara Pemberian Reward Dari Guru Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Di SMA Kristen Halmahera Utara. Halmahera: Hein Namotemo. Dalam jurnal Hibualamo Seri Sosial Dan Kependidikan (Online). Vol 1 (1). Tersedia di http://journal.unhena.ac.id/index.php/HibSos/article/view/28. [5 Mei 2010]

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Koseling di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group

Wahyudi. 2015. Pengaruh Kreativitas dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Afektif Melalui Motivasi Berprestasi. Jakarta : UIN Jakarta. Dalam Jurnal Imiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang (Online).Vol 2 (2). Tersedia di http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif/article/view/460/38 [5 Mei 2019]

Widodo, Agustinis Sugeng. 2013. Harga Diri dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.Dalam Jurnal Psikologi Indonesia (Online). Vol 2 (2).Tersedia http://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/persona/article/view/100 [10 Mei 2019]

Wijinto. 2016. Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Bekerja Bagi Remaja Awal (Usia 12-1 Tahun) di Kabupaten Ponorogo. Gontor: Universitas Uninda. Dalam Jurnal Altijarah (Online). Vol 2 (2). Tersedia di

https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah/article/view/742/641  [5 Mei 2019]

URL :

 

Document

 
back