Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Stella Talitha

Judul : PENGARUH MODEL SINEKTIK TERHADAP PEMBELAJARAN BERPIDATO SISWA KELAS IX SEKOLAH BINA PERSADA CIMAHI
Abstrak :

Penelitian ini berawal dari permasalahan sulitnya siswa mengungkapkan pendapat atau gagasannya dalam berpidato. Siswa kesulitan mengungkapkan ide-ide yang dimilikinya karena kurangnya penguasaan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia di sekolah internasional hanya diperkenankan ketika mata pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Bina Persada hanya berlangsung 180 menit per minggu. Itu berarti, siswa di Sekolah Bina Persada hanya menggunakan bahasa Indonesia kurang lebih 180 menit per minggu di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) profil pembelajaran berpidato di kelas IX Sekolah Bina Persada; (2) kemampuan berpidato siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan; (3) penerapan model sinektik di kelas eksperimen; (4) kemampuan berpidato siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah  diberikan perlakuan; dan (5) efektivitas penggunaan model sinektik terhadap pembelajaran berpidato. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan butir soal tes. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis dan diolah menggunakan perangkat lunak SPSS. Data berdasarkan hasil observasi dan wawancara diolah dan dianalisis. Adapun pengolahan dan penganalisisan data merupakan upaya menata data secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kemampuan berpidato siswa mengalami peningkatan setelah diberi perlakuan model sinektik. Nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 5 masuk ke dalam kategori kurang dan meningkat menjadi 7 setelah diberikan perlakuan yang masuk ke dalam kategori cukup. Selain itu, berdasarkan uji ukuran efek, diperoleh nilai Cohen’s (d) sebesar 1,5 atau setara dengan 92%. Hal ini menunjukkan penggunaan model sinektik efektif dalam pembelajaran berpidato.

 

Kata kunci: model sinektik, pembelajaran berpidato

Tahun : 2018 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 10 / 1 / 2018
ISSN/ISBN : 1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsjad, M. G. dan Mukti, U. S. (1993).  Pembinaan kemampuan berbicara bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.

Creswell, J. W. (2014). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fasold, R. (1984). The sociolinguistics of society. New York: Basil Blackwell Inc. GBHN tahun 1993.

Hamalik, O. (2007). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Joyce, B., Marsha W., dan Emily C. (2011). Models of teaching (edisi bahasa indonesia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, G. (2004). Komposisi sebuah pengantar kemahiran berbahasa. Jakarta: Nusa Indah.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rafanany, B. (2013). 30 menit jago menjadi mc dan pidato dalam bahasa indonesia. Yogyakarta: Araska.

Rakhmat, J. (2007). Retorika modern: pendekatan praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Subana, dkk. (2005). Statistik pendidikan. Bandung: Pustaka Cipta.

Sukatmi. (2009). Upaya peningkatan kemampuan berpidato dengan media gambar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sumarsono. (2010). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, A. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Universitas Pendidikan Indonesia. (2014). Pedoman penulisan karya ilmiah. Bandung: UPI.

 

URL :

 

Document

 
back