Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad, M. G. dan Mukti, U. S. (1993). Pembinaan kemampuan berbicara bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.
Creswell, J. W. (2014). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fasold, R. (1984). The sociolinguistics of society. New York: Basil Blackwell Inc. GBHN tahun 1993.
Hamalik, O. (2007). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Joyce, B., Marsha W., dan Emily C. (2011). Models of teaching (edisi bahasa indonesia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keraf, G. (2004). Komposisi sebuah pengantar kemahiran berbahasa. Jakarta: Nusa Indah.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.
Rafanany, B. (2013). 30 menit jago menjadi mc dan pidato dalam bahasa indonesia. Yogyakarta: Araska.
Rakhmat, J. (2007). Retorika modern: pendekatan praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Subana, dkk. (2005). Statistik pendidikan. Bandung: Pustaka Cipta.
Sukatmi. (2009). Upaya peningkatan kemampuan berpidato dengan media gambar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sumarsono. (2010). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, A. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Universitas Pendidikan Indonesia. (2014). Pedoman penulisan karya ilmiah. Bandung: UPI.