Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

RR SRI RAHAYU DWIASTUTI , Sabarti , Zainal Rafli

Judul : PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA Email: Sri0081@gmail.com Pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam usaha untuk mencapai kemajuan kehidupan bagi suatu masyarakat. Oleh karena itu lembaga pendidikan pada umumnya dan sekolah-sekolah khususnya menjadi tumpuan harapan para orang tua, siswa, dan warga masyarakat guna memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pembentukan sikap sebagai sarana pengembangan karier dan peningkatan status sosial sebagai bekal hidupnya. Apabila aspekaspek tersebut dapat dihasilkan dengan optimal, maka diharapkan kemajuan kehidupan bagi setiap individu atau (Penelitian Kualitatif di SMA Plus PGRI Cibinong)
Abstrak :

Abstract: This study aims at describing teaching and learning Indonesian literature toward quantum learning approach at SMA Plus PGRI Cibinong. This study focuses on three areas; (1) planning of teaching and learning Indonesian literature, (2) the application of teaching and learning Indonesian literature, (3) the evaluation of teaching and learning Indonesian literature. Qualitative method is applied in this study. Primary data is gathered from utterances and action found in observation and interview, while secondary data is collected from written archives in a form of documentation. The data is collected from observation, interview and literature review. The data is analyzed through three different steps; they are reduction, presentation and verification. Validity checking is completed through extension of participation, in depth observation, triangulation and analysis of negative case. The results of the study based on the focus of the studyare; first, planning of teaching and learning Indonesian literature using quantum learning approach is conducted at the beginning of academic year. The teachers run an evaluation meeting regarding an ongoing process, then designing teaching administration, conducting a quantum learning training for teachers and socializing quantum learning to all students monitored by quantum team. Steps in designing lesson planning; red: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: are based on 2013 curriculum and combined with the principles of quantum learning adopted from ’20 Langkah Operasional seorang Quantum Teacher”. Second, teaching and learning process in Indonesian literature subject toward quantum learning approach is based on designed planning, started from pre activity, whilst activity and post activity. Third; the evaluation process. The evaluation process is conducted in various ways, started form the form, the techniques and the instruments. All of them are based on desirable basic competencies, such as cognitive, affective and psychomotor. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan atau mendeskripsikan mengenai pembelajaran sastra Indonesia berdasarkan pendekatan quantum learning yang dilaksanakan di SMA Plus PGRI Cibinong. Fokus penelitian ini adalah pendekatan quantum learning dalam pembelajaran sastra Indonesia, dengan 3(tiga) subfokus, yang terdiri dari: (1) perencanaan pembelajaran sastra Indonesia, (2)Pelaksanaan pembelajaran sastra Indonesia dan (3) Evaluasi pembelajaran sastra Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif .Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau diwawancarai, sedangkan sumber data lain adalah sumber data tertulis yang didapat dari arsip dokumen resmi maupun dokumen pribadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data, dilakukan dengan menggunakanperpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,uji triangulasi dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian, yaitu: Pertama, Perencanaan pembelajaran sastra Indonesia dengan pendekatan quantum learning dilakukan mulai awaltahun ajaran baru. Tim guru bahasa Indonesia mengadakan rapat evaluasi kegiatan yang sudah berjalan, dilanjutkan dengan menyusun administrasi pembelajaran,mengadakan pelatihan quantum learninguntuk guruserta sosialisasi untuk siswayang dimonitoring oleh tim quantum. Langkahlangkah dalam menyusun RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) didasarkan pada penyusunan RPP kurikulum 2013, dan dikemas dengan prinsip-prinsip pembelajaran quantum yang dituangkan dalam butir-butir “20 Langkah Operasional seorang Quantum Teacher” Kedua: Pelaksanaanpembelajaran sastra Indonesia dengan pendekatan quantum learningmengacu kepada perencanaan yang telah dibuat. Prinsip-prinsip pembelajaran quantum diterapkan pada setiap tahap pembelajaran.Tahap-tahap pembelajaran dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir(penutup). Ketiga: Evaluasi pembelajaran sastra Indonesia dengan pendekatan quantum learning. Evaluasi pembelajaran disini diasumsikan sama dengan penilaian pembelajaran.Dalam pembelajaran sastra, dilakukan dengan bervariasi, baik dalam bentuk, teknik dan instrument penilaiannya sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai baik cognitif, afektif, maupun psikomotorik. Kata Kunci: quantum learning, Indonesian literature. 

Tahun : 2020 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 1
ISSN/ISBN : 1
PTN/S : Unpak Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA De Porter, Bobbi. 2010Quantum Teaching, Terjemahan Ary Nilandari, Bandung: Kaifa De Poster, Bobbi & Mike Hernacki.2000.Quantum Learning, terjemahan Alawiyah Abdulrahman, Bandung : Kaifa Madjid Abdul. 2007.Perencanaan Pembelajaran, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Maleong. 2009.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE Sanjaya. 2011.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Sudaryono. 2012.Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Graha Ilmu Sugiyono. 2005.Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta Wina Made. 2000. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: PT. Bumi Aksara 

URL :

 

Document

 
back