Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Sri Rahayu Dwiastuti, Sabarti, Zainal Rafli

Judul : PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA PENELITIAN KUALITATIF DI SMA PLUS PGRI CIBINONG
Abstrak :

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan atau mendeskripsikan mengenai pembelajaran sastra Indonesia berdasarkan pendekatan quantum learning yang dilaksanakan di SMA Plus PGRI Cibinong. Fokus penelitian ini adalah pendekatan quantum learning dalam pembelajaran sastra Indonesia, dengan 3(tiga) subfokus, yang terdiri dari: (1)  perencanaan pembelajaran sastra Indonesia, (2)Pelaksanaan pembelajaran sastra Indonesia dan (3) Evaluasi pembelajaran sastra Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif .Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau diwawancarai, sedangkan sumber data lain  adalah sumber data tertulis yang didapat dari arsip dokumen resmi maupun dokumen pribadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data, dilakukan dengan menggunakanperpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,uji triangulasi dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian, yaitu: Pertama, Perencanaan pembelajaran sastra Indonesia dengan pendekatan quantum learning dilakukan mulai awaltahun ajaran baru. Tim guru bahasa Indonesia mengadakan rapat evaluasi kegiatan yang sudah berjalan, dilanjutkan dengan menyusun administrasi pembelajaran,mengadakan pelatihan quantum learninguntuk guruserta sosialisasi untuk siswayang dimonitoring oleh tim quantum. Langkahlangkah dalam menyusun RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) didasarkan pada penyusunan RPP kurikulum 2013, dan dikemas dengan prinsip-prinsip pembelajaran quantum yang dituangkan dalam butir-butir “20 Langkah Operasional seorang Quantum Teacher” Kedua: Pelaksanaanpembelajaran sastra Indonesia dengan pendekatan quantum learningmengacu kepada perencanaan yang telah dibuat. Prinsip-prinsip pembelajaran quantum diterapkan pada setiap tahap pembelajaran.Tahap-tahap pembelajaran dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir(penutup). Ketiga: Evaluasi pembelajaran sastra Indonesia dengan pendekatan quantum learning. Evaluasi pembelajaran disini diasumsikan sama dengan penilaian pembelajaran.Dalam pembelajaran sastra, dilakukan dengan bervariasi, baik dalam bentuk, teknik dan instrument penilaiannya sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai baik cognitif, afektif, maupun psikomotorik. 
 

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 4 / 4 / 2018
ISSN/ISBN : 2443-3268
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

-

URL :

 

Document

 
back