Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Elly Sukmanasa, Tustiyana Windiyani, Lina Novita

Judul : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA BOGOR
Abstrak :

Abstrak

 

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V masih menerapkan metode pembelajaran  konvensional  dimana  siswa  lebih  banyak  mendengarkan  penjelasan  guru  atau (teacher centre). Pembelajaran IPS oleh siswa dianggap membosankan, kurang menarik, tidak begitu   penting,   dan   relatif   sulit.   Sebagai   akibatnya   pemahaman   siswa   terhadap   materi pembelajaran masih rendah. Tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal.   Media yang biasa digunakan guru sebatas pada gambar-gambar yang ada dalam buku teks. Kondisi ini dapat diatasi dengan pengembangan media yang ada, salah satunya adalah pengembangan media komik digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dengan penelitian pengembangan atau R &D (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan adanya ketertarikan minat belajar siswa dengan penggunaan media komik digital materi Peristiwa Sekitar Proklamasi untuk  mata pelajaran IPS  kelas V  SD.  Media pembelajaran  yang  dikembangkan, dinyatakan layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi, validasi ahli media, validasi dan hasil ujicoba oleh guru serta tanggapan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik digital dapat dikembangan dan layak untk digunakan pada proses pembelajaran materi Peristiwa Sekitar Proklamasi utnuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar.

 

Tahun : 2017 Media Publikasi : jurnal nasional blm akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 3 / 2017
ISSN/ISBN : 25609093
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

Borg, W.R. & Gall, J.P., Gall, M.D.

 

2003. Educational Research, An Introduction. (edisi 7). Boston: Pearson Education Inc.

Istova,  Mika  dan     Hartati,  Tatat.

 

2016.  Pengaruh  Media Film Animasi Fiksi Islami Untuk          Meningkatkan

 

Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) UNTIRTA. Vol. 2. No.1.

Munawaroh,        2012.        Panduan

 

Memahami       Metodologi

 

 

 

 

 

Penelitian.            Cetakan

 

Pertama. PT.Intimedia. Nafis,      Zulfa   Fatati   Nadya.2016.

Pengembangan Media Pembelajaran  Komik Audio Visual Bagi Pembelajaran Ekonomi Materi Kurs Valuta Asing Di Sma Negeri 8 Malang. Jurnal  JPE-Volume 9, Nomor

2, 2016

 

Nurinayati, Fitri. Nurmasari Sartono, dan Dian Evriyani. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk  Komik  Digital Pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 13 Jakarta. Jurnal  BIOSFER,  Vol. VII, No. 2, Oktober 2014.

Nur, Mukhlis dan Zpalanzani. 2010.

 

Komik Digital Interaktif Bertema Politik dan Pemilu: Corontion. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Seni Rupa dan Desain. No.1.  Bandung:  FRSD ITB.

Primandita, Hayyu., Indrojarwo, Baroto Tavip. 2016. Perancangan            Komik

 

Digital Interaktif Tentang Srikandi: Sandika. Jurnal Sains dan Seni. Vol 5, No

2. ITS.

 

Purnama,   Unty   Bany.,   Mulyoto, Deny Tri Ardianto. 2015. Penggunaan Media Komik Digital Dan Gambar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau  Dari  Minat Belajar Siswa. Jurnal TEKNODIKA, Volume 13, Nomor 2, September 2015.

Puspitorini,           Retno.,           A.K.

 

Prodjosantoso, Bambang Subali, dan Jumadi. 2014. Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi, Hasil Belajar Kognitif, dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Oktober 2014, Th. XXXIII, No. 3.

Santrock, John W. 2012. Life-span Development.  13  th Edition. University of Texas, Dallas : Mc Graw- Hill.

 

 

 

 

 

Setyaningsih, Harum Aris., Winarno, Muh     Hendri     Nuryadi.

2016. Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Minat Belajar PPKn Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM.   Jurnal Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah Volume 3 Nomor

2,  November  2016.  ISSN

 

2442-6350.

 

Sudjana dan Rivai, 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan          Pembuatannya). Bandung : Sinar Baru Algensindo Offset.

Sukarjo.  2006.  Penilaian  Hasil Belajar  Kimia. Yogyakarta: UNY.

Sukmadinata,  Nana  Syaodih.  2013.

 

Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Tedjasendjaja, Gratianus Aditya., Lai Riko. 2014. Jurnal Ruparupa  Program  Studi

 

Desain Komunikasi Visual Universitas Bunda Mulia Volume 3 Nomor 1, Juni

2014.

 

Yandari, Indhira Asih Vivi dan Kuswaty,    Maya. 2017. Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) UNTIRTA. Vol 3, No 1   Maret 2017. p-ISSN : 2540-9093, e- ISSN : 2503 – 0558.

 

URL :

 

Document

 
back