Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Muhamad Firman Al-Fahad

Judul : ANALISIS PENGGUNAAN METODE COOPERATIF LEARNING DENGAN MODEL ROUND TABLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DI SMA
Abstrak :

Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan mengetahui efektifitas penggunaan metode cooperatif learning dengan model round table dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks di SMA PGRI 3 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan pretest-posttest design dengan purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Data yang didapatkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, angket respons, dan hasil kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan statistik menunjukkan peningkatan. Berdasarkan prates terhadap kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yang didapat kelas eksperimen adalah 25,23 dan tahap pascates dengan nilai 34.8; sedangkan untuk kelas kontrol nilai yang didapatkan pada tahap prates sebesar 28,31 dan tahap pascates sebesar 32,69. Selanjutnya, data hasil uji normalitas pada prates menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Setelah itu dilanjutkan dengan uji homogenitas yang menunjukkan data homogen. Karena data berdistribusi homogen, maka dilakukan uji-t dengan hasil 0, 072 > α 0,05, maka data menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil menulis teks eksplanasi. Dapat disimpulkan Ho diterima, karena tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran round table. Data hasil uji normalitas pada pascates menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Setelah itu dilanjutkan dengan uji homogenitas yang menunjukkan data tidak homogen. Karena data tidak berdistribusi homogen, maka dilakukan uji-t’ dengan hasil 0,032 < α 0,05, maka data menunjukkan terdapat perbedaan hasil menulis teks eksplanasi. Dapat disimpulkan Ho ditolak, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan penerapan meodel pembelajaran round table.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 11 / 2019
ISSN/ISBN : 2460-2175
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Z. (2014). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
A.R., Syamsudin dan Vismaia S.D. (2009). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Cahyani, Isah. (2012). Pembelajaran menulis berbasis karakter dengan pendekatan experiental learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.
Chaer, A. (2011). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Emilia, E. (2012). Pendekatan genre-based dalam pengajaran bahasa Inggris: petunjuk untuk guru. Bandung: Rizki Press.
Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2011). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI dan Rosda.
Knapp, P. dan Watkins, M. (2009). Genre, text, grammar technologies for teaching and assessing writing. Sydney: UNSW Press.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis teks analisis fungsi, struktur, dan kaidah serta langkah penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E. (2014). Cerdas berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XI kelompok wajib. Jakarta: Erlangga.
Mahsun. (2014). Teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Mukrima, S. S. (2014). 53 metode belajar dan pembelajaran plus aplikasinya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Putrayasa, I. B. (2012). Jenis kalimat dalam bahasa Indonesia. Bandung: Refikan Aditama.
Putrayasa, I. B. (2014). Kalimat Efektif (Diksi, Struktur, dan Logika). Bandung: Refikan Aditama.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widoyoko, E. P. (2013). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

URL :

 

Document

 
back