Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Aksanul Khaq, Siti Maimunah

Judul : ANALISIS PERSEPSI TERHADAP TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN Studi Kasus pada Surat Kabar Jurnal Bogor
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen  dan sejauhmana peningkatan loyalitas konsumen terhadap Surat Kabar Jurnal Bogor. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa dari 5 indikator persepsi konsumen yaitu, kemudahan, harga, tampilan produk, keakuratan berita, dan rubrik berita yang masing-masing indikator terdiri dari 2 pernyataan, bahwa persepsi konsumen terhadap Surat Kabar Bogor adalah Baik dengan angka penafsiran rata-rata 3,74. Sedangkan untuk 5 indikator loyalitas konsumen yaitu, switcher, habitual buyer, satisfied buyer, likes brand dan committed buyer yang masing-masing terdiri dari 2 pernyataan menunjukkan bahwa konsumen memiliki loyalitas yang sedang terhadap Surat Kabar Jurnal Bogor dengan angka penafsiran rata-rata 3,40.

Dari analisis regresi yang diguanakan untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap tingkat loyalitas konsumen dihasilkan persamaan regresi yaitu Y = 30,324 + 0,085X dan signifikan pada alpha 5%. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan loyalitas konsumen. Koefisien korelasi antar keduia variabel adalah 0,667, yang artinya, terdapat hubungan positif dan cukup kuat antara loyalitas konsumen dengan persepsi konsumen.

Loyalitas konsumen tidak hanya dipengaruhi oleh persepsi konsumen, namun walaupun hanya sedikit pengaruh persepsi seorang konsumen terhadap Surat Kabar Jurnal Bogor, pihak Jurnal Bogor harus tetap membangundan menciptakan persepsi yang baik di mata konsumen dengan tetap menghasilkan produk pemberitaan yang berkualitas, terbaim dan up to date.

 

Keywords : Persepsi. Loyalitas Konsumen

Tahun : 2010 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 1 / 2010
ISSN/ISBN : -
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : AKUNTANSI (D3)
Bibliography :

Armstrong, Gary & Philip Kotler. 2000. Marketing an Introduction. United States of America. Fifth Edition: Prentice Hall.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1999. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi 2. Balai Pustaka, Jakarta.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid 1. Edisi Revisi. PT Prenhallindo, Jakarta.

____________ 1998. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid 2. Edisi Revisi. PT Prenhallindo, Jakarta.

____________  2004. Manajemen Pemasaran 1. Edisi Millenium. PT Indeks, Jakarta.

Peter dan Olson. 1996. Customer Behaviour: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Erlangga, Jakarta.

Peter, Paul J & James H Donnelly, JR. 2004. Marketing Management Knowledge and Skills. United State of America, International Editions: Mc Grawa Hill.

Rangkuti, Freddy. 2003. Riset Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Schiffman, Leon G & Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behaviour. United State of America, Eight Edition : Prentice Hall.

Setiadi, J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada media, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

______________ 2004. Riset Pemasaran: Falsafah, Teori dan Aplikasi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. 1998. Metode Penelitian Administrasi. CV Alfabeta, Bandung.

________ 2003. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta, Bandung.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andi, Yogyakarta.

Dokumen PT Bogor Ekspres Media (Surat Kabar Jurnal Bogor).

URL :

 

Document

 
back