Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Eri Sarimanah

Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Berbasis Strategi Metakognitif PQ4R di Sekolah Menengah Pertama
Abstrak :

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran membaca
berbasis strategi metakognitif PQ4R. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui kondisi
objektif pembelajaran membaca di SMP; 2) menemukan model pembelajaran membaca berbasis strategi
metakognitif PQ4R yang dibutuhkan guru SMP; 3) menemukan rancangan dan desain model
pembelajaran membaca berbasis strategi metakognitif PQ4R yang layak digunakan para siswa SMP; 4)
mengetahui kelayakan model pembelajaran membaca berbasis strategi metakognitif PQ4R dari sudut
pandang ahli; dan 5) mengetahui efektivitas model pembelajaran membaca berbasis strategi metakognitif
PQ4R yang dikembangkan.Metode yang digunakan adalah Reaserch and Development (penelitian dan
pengembangan) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain
pengembangan model pembelajaran membaca berbasis strategi metakognitif PQ4R dapat meningkatkan
kemampuan para siswa memahami bahan bacaan dari mulai pemahaman secara literal, inferensial,
evaluatif, dan apresiatif. Capaian pembelajarannya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran
membaca yang dilakukan guru tanpa menggunakan strategi metakognitif PQ4R. Hal tersebut ditunjukkan
oleh hasil penghitungan uji-t, yaitu sebesar 5,975. Angka tersebut lebih besar dari t-tabel, yaitu 1,67.

Tahun : 2017 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 26 / 2015
ISSN/ISBN : 0216-261X
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Morrison, dkk. (2007). Designing Effective
Instruction 5th edition. New
Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Israel, S. E. et al. (2005).  Metacognition In
Literacy Learning (New Jersey:
Lawrence Erlbaum Associates
Publisher.

Livingstone, Metacognition: An Overview
State Univ. Tersedia pada:
http://www.gse.buffalo.edu/fas/sc
huel/cep564/metacog.htm.
Diunduh pada tanggal 16 Juni
2011, pukul 21.00

Royanto, L. RM. (2010). Melatih
Metakognitif dalam Membaca,
http://www.kompas.com/kompascetak/0602/12keluarga/2430143.h
tm
(diunduh 22
Februari
2010).

 

Suparman,

M., Suparman, A. Desain
Instruksional. Jakarta: Universitas
Terbuka. 

 

URL : http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/parameter/article/view/3289

 

Document

 
back