Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Iis Farida Zein, Rita Retnowati, Eri Sarimanah

Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Pipi Mama Dalam Meningkatkan Keterampilan Writing Di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Abstrak :

The developed-model of ADDIE used as the research methodology. It aims to create a product
of learning model in order to improve student’s writing skills. The ADDIE model is a
collaboration of Picture and Picture model and Make a Match model. The research started by
analyzing the teaching performance and needs at some schools in Komisariat Cisaat; student’s
writing skills which vocabulary collections needed to be improved, and teacher’s passive
teaching performance. Designing model-draft of PIPI MAMA is taken after the needs
indicated. The developed-model conducted at main field-research in order to see whether the
developed-model could improve the writing skills at school. The conclusion is that ADDIE
developed-model is an affective learning model. 

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 7 / 2019
ISSN/ISBN : 2614-3313
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Agus Suprijono. 2015.  Coorperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM . Yogyakarta : 
PUSTAKA PELAJAR. 
Agus D Priyanto. 2010. Standar kompetensi. agusdepe.staff.uns.ac.id/files/2010 /09/36-bhsInggris-smp-mts.rtf..
diakses
tanggal 21
september
2017.
Ahmad Izzam. 2008.  Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris.  Bandung : Humaniora.
Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.
Borg,W,R.et.al. 2002. Educational Research:An Introduction. Newyork & London : Longman
Inc.
Depdiknas. 2002. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Diknas Dikmen.
Endang Komara. 2014.  Belajar dan Pembelajaran interaktif. Bandung : Refika Aditama.
Harjasuna dan Damayanti. 2003.  Membaca dalam Teori dan Praktek., Bandung : Mutiara. 
http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.co.id/2012/08/numbered-head-togethernht.html

Henry
Guntur
Tarigan.
2008.

MENULIS
sebagai
suatu
keterampilan
berbahasa.
Bandung
:

Angkasa.


Iwan
Sugiarto.
2004.

Mengoptimalkan
Daya
Kerja
Otak
dengan
Berfikir
Holistik
dan
Kreatif.

Jakarta

Gramedia
Utama.

Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan.  2017. Materi bimbingan teknis fasilitator dan
instruktur kurikulum 2013.  Jakarta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul PLPG. Jakarta.
M. Atar Semi. 2007.  Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung : Angkasa. 
Nurgiantoro. 2009.  Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE
Nurhadi. 2017. Handbook of Writing –Panduan Lengkap Menulis. Jakarta : PT. Bumi  Aksara.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
St. Y. Slamet. 2008.  Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah
Dasar. Surakarta : UNS Press.
Sutirman. 2013.  Media & Model-model Pembelajaran Inovatif.  Yogyakarta : Graha Ilmu.
Tarigan. 2009.  Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa.  Bandung,: Angkasa
Tri Wiratno. 2003. Kiat Menulis Karya Ilmiah Dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran yang inovatif –progressif. Jakarta :  Kencana
Prenada Media Group.
Ujang S. Hidayat. 2016.  Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi : Yayasan Budhi
Mulia Sukabumi.
Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran.  Jakarta : Kencana Prenada
Media.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/955

 

Document

 
back