Judul | : | Pengaruh Kegemaran Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Narasi | |||
Abstrak | : | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif terhadap kegemaran membaca dengan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Tlajung Udik 01 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang terdiri dari 44 sampel responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,93. Ini menunjukkan adanya pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0.8649 atau sebesar 86%. Hal ini berarti nilai kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi sebesar 86%, melalui persamaan regresi Ŷ = (59,6+0,74X) sisanya 14% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi. |
|||
Tahun | : | 2019 | Media Publikasi | : | Jurnal Nasional Terakreditasi B |
Kategori | : | Jurnal | No/Vol/Tahun | : | 1 / 3 / 2019 |
ISSN/ISBN | : | 2581-1843, 2581-1835 | |||
PTN/S | : | Universitas Pakuan | Program Studi | : | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Bibliography | : | Asri, Tri Mega. 2016. ‘’ Buku Informasional untuk Anak-anak (Informational Books for Children)’’. e-ISSN 2442-5168 Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya. Vol 2 No 2. |
|||
URL | : | https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/33920 |