Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Eka Sariyanti Almana, Santa, Wawan Syahiril Anwar

Judul : Pengaruh Kegemaran Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Narasi
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif terhadap kegemaran membaca dengan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Tlajung Udik 01 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang terdiri dari 44 sampel responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,93. Ini menunjukkan adanya pengaruh kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0.8649 atau sebesar 86%. Hal ini berarti nilai kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi sebesar 86%, melalui persamaan regresi Ŷ = (59,6+0,74X) sisanya 14% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kegemaran membaca terhadap keterampilan menulis narasi.

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 3 / 2019
ISSN/ISBN : 2581-1843, 2581-1835
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Asri, Tri Mega. 2016. ‘’ Buku Informasional untuk Anak-anak (Informational Books for Children)’’. e-ISSN 2442-5168 Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya. Vol 2 No 2.
Dalman, H. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2015. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Gorys, Keraf. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gustini, Neng.,Rohaniawati, Dede.,Imani, Anugrah. 2016. Budaya Literasi (Model Pengembangan Budaya Baca
92
Tulis Berbasis Kecerdasan Majemuk Melalui Tutor Sebaya). Yogyakarta: Deepublish.
Hanifah, Ifah. 2012. ‘’Korelasi Kegemaran Membaca Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Kuningan’’. Universitas Kuningan.
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jiwandono, Robid Nahnu. 2012. ‘’Karakteristik Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMPN 6 Malang’’. Universitas Negeri Malang.
Nasir, Zulhasril. 2010. Menulis Untuk dibaca. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Nurhadi. 2004. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Somadoyo, Samsu. 2011. ‘’Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca’’. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Ilmu.
Suparno dan Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA.
Sutarno. 2008. Menulis yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto
Tarigan, Henry Guntur. 2014. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
W, Abigail, Monica. 2015. Belajar Menulis. Surabaya: JP BOOKS.
Zulamri. 2013. ‘’Hubungan Tingkat Kematangan Beragama Remaja Muslim Dengan Kegemaran Membaca’’. UIN Suska Riau

URL : https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/33920

 

Document

 
back