Abstrak |
: |
Tujuan penelitian ini memaparkan pengembangan model pembelajaran RISSCA dalam perkuliahan Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia dan untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh melalui penerapan model Rissca dalam perkuliahan Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis lesson study. Model yang dikembangkan dalam kemampuan berpikir dan bernalar mahasiswa yaitu model Reading, Identifiying, Sequencing, Sharing, Comunicating, Assessing (RISSCA). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development melalui penerapan model Rissca dalam perkuliahan Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis lesson study. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkuliahan Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penerapan model Rissca berbasis lesson study menghasilkan pembelajaran yang menyenangkan bagi mahasiswa. Mahasiswa merasa lebih mudah memahami materi, pembelajaran menarik, bantuan bahan ajar sangat bermanfaat, lebih mudah dalam mengidentifikasi materi dan mengurutkan materi. Hasil postes menunjukkan kemampuan mahasiswa meningkat pada setiap siklusnya. Rata-rata nilai keseluruhan meningkat mulai dari siklus satu nilai rata-rata 72; siklus dua nilai rata-rata 82,4; siklus tiga nilai rata-rata 84,3; dan siklus empat 87.
Kata Kunci: : Reading, Identifiying, Sequencing, Sharing, Comunicating, Assesing
|
Bibliography |
: |
Abizar, Haris. 2017. Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: Diva Press Nasution. 2012. Azas-azas Kurikulum. Jakarta. Bumi Aksara Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Supriyono, Agus.2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Zainal, Arifin, 2012. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
|