Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

BELLA ELVIRA, ELLY SUKMANASA, TATANG MUHAJANG,

Judul : JPPGuseda
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap disiplin belajar siswa.

Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument angket untuk kedua variable. Uji validitas instrumen interaksi sosial dan disiplin dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Kota Bogor yang berjumlah 89 siswa. Sampel yang diambil 47 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). 

Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 9,99 + 0,86X, dengan harga thitung sebesar 17 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021 dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap disiplin belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. 

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Terakreditasi B
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 02 / 02 / 2019
ISSN/ISBN : 2623-0232
PTN/S : UNIVERSITAS PAKUAN Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Y. Suchyadi and Nurjanah, 2018. “Relationship

between Principal Supervision in Increasing the Job

Satisfaction of Private Junior High School Teachers

in East Bogor District,” J. Humanit. Soc. Stud., vol.

02, no. 01, pp. 26–29,

[2] Y. Suchyadi, 2017. “Relationship between Work

Motivation and Organizational Culture in Enhancing

Professional Attitudes of Pakuan University

Lecturers,” vol. 01, no. 01, 2017.

[3] Y. Suchyadi, Y. Ambarsari, and E. Sukmanasa, 2018.

“Analysis of Social Interaction of Mentally Retarded

Children,” J. Humanit. Soc. Stud., vol. 02, no. 02, pp.

17–21, 2018.

[4] 

[11] Andayani, Sri Nonik. 2014. Penerapan Layanan

Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi

Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan

Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. Vol

2 No 1

[12] Miftahillah. 2014. Hubungan Antara Bimbingan

Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi

Belajar Siswa Di MI Nindhomiyah Jombang. Vol 1

No 2. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI

[13] Yusra, Affan. 2017. Model Bimbingan Belajar

Berbasis Prinsip-prinsip Belajar dalam Islam untuk

Meningkatkan Kemanfaatan Ilmu. Universitas Negeri

Semanrang. Indonesia

[14] Suherman, Uman. 2015. Bimbingan Belajar. UPI.

EDU. Vol 2

[15] Zainuren, Yunia Rahma Utami 2014 Peranan Orang

Tua Terhadap Penanaman Nilai Kejujuran Anak. Vol

1, No 7. Jurnal Kultur Demokrasi

[16] Wiartha, Pantris. 2017. Peran Orang Tua Dalam

Menanamkan Nilai – Nilai Agama Islam Di Desa

Winong Kalidiwir Tulungagung. Repo.lain-

Tulungagung.ac.id

[17]  Novrinda. 2017. Peran Orangtua Dalam Pendidikan

Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang

Pendidikan. Jurnal Potensia, PG–PAUD FKIP UNIB,

Vol.2 No.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

S. Setiarani and Y. Suchyadi, 2018.“Pola Asuh

Orang Tua Terhadap Anak Tuna Netra Berprestasi,”

J. Pendidik. Pengajaran Guru Sekol. Dasar, vol. 01,

no. 01, pp. 15–18, 2018.

[5] Mulyaningsih.2016. Pengaruh Bimbingan Belajar

Orang Tua Terhadap Perilaku Disiplin Dan Hasil

Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Se-Gugus

Diponegoro Bansari Temanggun. Jurusan Pendidikan

Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang 

[6] Rosma, Elly. Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh

Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol. 3

No.4.

[7] Khafid, Muhammada. 2007. Pengaruh Disiplin

Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil

Belajar Ekonomi. Vol 2, No 2. Jurnal Dinamika

Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

[8] Al Fath, A.M. 2015. Pengaruh Motivasi, Lingkungan

dan Disiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa pada

Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh.

Jurnal STKIP Bina Bangsa Getsempena, 6 (1), 111.

[9] Ardiansyah, Hanif. 2013. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas Xii Jurusan Administrasi Pekantoran Di SMK NU 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/201. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas  ekonomiuniversitas Negeri Semarang.

[10] Huda, Ainil. 2013. Pengaruh Peranan Teman Sebaya, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Padang. 

URL :

 

Document

 
back