Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Eri Sarimanah, Siti Chodijah, Yolanda, Dan Roy Efendi

Judul : Pengembangan Model Perancangan Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif dalam Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia Melalui Implementasi Program Lesson Study.
Abstrak :

KAta KunciPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model perancangan pembelajaran berbasis strategi metakognitif dengan implementasi lesson study untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa merancang pembelajaran. Metode yang digunakan adalah research and development (penelitian dan pengembangan) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitain menunjukkan bahwa model perancangan pembelajaran yang dibutuhkan oleh mahasiswa calon guru adalah model perencanaan pembelajaran berbasis strategi metakognitif. Melalui implementasi lesoon study dengan menerapkan strategi metakognitif dalam merancang pembelajaran, mahasiswa berupaya untuk melakukan peninjauan secara luas terhadap kegiatan pembelajaran yang akan dikembangkan, melakukan analisis kebutuhan (self planning). Selanjutnya mahasiswa melakukan pemantauan pada apa yang sedang direncanakan dalam kegiatan pembelajaran serta menghubungkan keterkaitan komponen pembelajaran dengan tujuan yang harus dicapai (self monitoring). Mengevaluasi rancangan pembelajaran dengan melakukan peninjauan ulang (self-evaluation). BErdasarkan respon observer dan respon mahasiswa, serta hasil penilaian produk, secara struktur, model perencanaan pembelajaran ini layak, relevan, dan sesuai dengan kaidah-kaidah pengembangan model pembelajaran, baik dari segi substansi, maupun kerangka model. Berdasarkan hasil uji coba dengan rancangan penelitian eksperimen (kelas eksperimen dan kelas kontrol), model perncanaan pembelajaran berbasis metakognitif yang dilaksanakan dengan lesson study ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa merancang pembelajaran. Bahkan capaian pembelajarannya lebih baik dibandingkan dengan model perencanaan pembelajaran yang dilakukan tanpa menggunakan strtaegi metakognitif.

Kata Kunci: Lesson Study, Rancangan Pembelajaran, Strategi Metakognitif

Tahun : 2014 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 7 / 2014
ISSN/ISBN : 1693-5799
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Dick and Carey, The Systematic Designaof Instruction. New York: Harper Collin Publisher. 1996.

Doolittle, P. E. and Camp W. G. Constructivism: The Career and Technical EducationPerspektif, Kirk Swortel (Ed): Journal of Vocational and Technical Educational, Volume 16, number 1, 1999.

Gerlach and Ely, Instructional Design and Development. New York: Syracuse University Publ,1978.

Hamalik, O. Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT Citra Aditya Bakti, 1994.

Kemp, J. E. InstruksionalDesign. BElmont: Fearon TilmanPublisher, Inc., 1977.

Pribadi Benny A. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, 2009.

Semiawan, Conny, dkk. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Grasindo, 1992.

Woolfolk, Anita. Educational Psychology Active Learning Edition, Boston: Allyn and Bacon, 2009. 

 

 

 

 

URL :

 

Document

 
back