Judul |
: |
Survei Kepuasan Sekolah Mitra Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kemajuan Mahasidwa dalam Pembelajaran |
Abstrak |
: |
Tujuan penelitian ini yaitu memaparkan tingkat kepuasan sekolah mitra Praktik
Pengalaman Lapangan terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyusun
perencanaan pembelajaran dan melaksanakan proses pembelajaran, dan kepuasan
sekolah terhadap pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan. Penelitian ini
merupakan penelitan deskriptif dengan metode survei yang dilaksanakan di Sekolah
Mitra PPL Semester Gasal 2015/2016 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Pakuan. Sekolah Mitra PPL berjumlah 42 sekolah, terdiri dari 32 Sekolah
Dasar, 5 SMP, dan 5 SMA, pada sekolah negeri dan swasta di Kota dan Kabupaten
Bogor. Hasil penelitian mengenai Survei Kepuasan Sekolah Mitra Praktik Pengalaman
Lapangan Terhadap Kemampuan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Proses
Pembelajaran dapat disimpulkan bahwa hasil kepuasan mitra PPL terhadap mahasiswa
dalam menyusun RPP diperoleh pada persentase tertinggi memuaskan (70 %), sangat
memuaskan (20 %), dan cukup memuaskan (10 %), guru menyatakan memuaskan
dan diikuti sangat memuaskan. Kepuasan mitra PPL terhadap mahasiswa dalam
melaksanakan pembelajaran diperoleh persentase 85 % menyatakan memuaskan, 10 %
menyatakan sangat memuaskan, dan 5 % menyatakan cukup memuaskan. Kepuasan
dalam pelaksanaan penyelenggaraan PPL guru menyatakan memuaskan 60 %,
menyatakan sangat memuaskan 35 %, dan menyatakan cukup memuaskan 5 %, dan
tidak ada responden yang menyatakan tidak puas.
|
Tahun |
: |
2018 |
Media Publikasi |
: |
Jurnal Nasional Blm Akreditasi |
Kategori |
: |
Jurnal |
No/Vol/Tahun |
: |
1 / 2 / 2018 |
ISSN/ISBN |
: |
ISSN |
PTN/S |
: |
Unversitas Pakuan |
Program Studi |
: |
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Bibliography |
: |
Fandy Tjiptono. 2004. Pemasaran
Jasa. Malang: Bayumedia.
Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Unpak. 2015.
Panduan Program
Pengalaman Lapangan.
Bogor.
Munandar. 1985. Mengembangkan
bakat dan kreativitas anak
sekolah, petunjuk bagi para
guru dan orang tua. Jakarta,
Gramedia.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna
Pembelajaran: untuk
Membantu Memecahkan
Problematika Belajar dan
Mengajar. Jakarta: Alfabeta.
2006.
Sanjaya, Wina. 2006 . Strategi
Pembelajaran: Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana
Tjiptono, F., & Chandra G. 2005.
Service, Quality &
Satisfaction. Yogyakarta:
C.V. Andi Offset
Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana |
URL |
: |
|