Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Rosdiana, Mahajani, Indri Yani, Rukmini Handayani

Judul : Survei Kepuasan Sekolah Mitra Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kemajuan Mahasidwa dalam Pembelajaran
Abstrak : Tujuan penelitian ini yaitu memaparkan tingkat kepuasan sekolah mitra Praktik Pengalaman Lapangan terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan melaksanakan proses pembelajaran, dan kepuasan sekolah terhadap pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif dengan metode survei yang dilaksanakan di Sekolah Mitra PPL Semester Gasal 2015/2016 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan. Sekolah Mitra PPL berjumlah 42 sekolah, terdiri dari 32 Sekolah Dasar, 5 SMP, dan 5 SMA, pada sekolah negeri dan swasta di Kota dan Kabupaten Bogor. Hasil penelitian mengenai Survei Kepuasan Sekolah Mitra Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kemampuan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran dapat disimpulkan bahwa hasil kepuasan mitra PPL terhadap mahasiswa dalam menyusun RPP diperoleh pada persentase tertinggi memuaskan (70 %), sangat memuaskan (20 %), dan cukup memuaskan (10 %), guru menyatakan memuaskan dan diikuti sangat memuaskan. Kepuasan mitra PPL terhadap mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran diperoleh persentase 85 % menyatakan memuaskan, 10 % menyatakan sangat memuaskan, dan 5 % menyatakan cukup memuaskan. Kepuasan dalam pelaksanaan penyelenggaraan PPL guru menyatakan memuaskan 60 %, menyatakan sangat memuaskan 35 %, dan menyatakan cukup memuaskan 5 %, dan tidak ada responden yang menyatakan tidak puas.
Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 2 / 2018
ISSN/ISBN : ISSN
PTN/S : Unversitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Bibliography :

Fandy Tjiptono. 2004. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unpak. 2015. Panduan Program Pengalaman Lapangan. Bogor. Munandar. 1985. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah, petunjuk bagi para guru dan orang tua. Jakarta, Gramedia. Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Jakarta: Alfabeta. 2006. Sanjaya, Wina. 2006 . Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Tjiptono, F., & Chandra G. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: C.V. Andi Offset Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

URL :

 

Document

 
back