Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Annisa Nurramadhani

Judul : PROFIL KUALITAS KETERAMPILAN BERTANYA MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS
Abstrak :

Keterampilan bertanya sangat penting dewasa ini terutama dalam pembelajaran sains. Keterampilan tersebut penting karena hal tersebut ada dalam tahap penelitian ilmiah. Diantaranya adalah bertanya untuk mencari masalah, bertanya untuk merumuskan masalah penelitian, bertanya bagaimana melakukan penelitian, dan bertanya bagaimana menemukan solusi dari fenomena yang ditemukan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profil kualitas keterampilan bertanya mahasiswa calon guru yang nantinya akan terjun langsung ke sekolah. Subjek penelitian ini adalah 82 mahasiswa calon guru program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pakuan yang mengontrak mata kuliah kajian fisika dasar pada semester empat. Mahasiswa tersenut berasal dari tiga kelas yaitu kelas A, D, dan F. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga kali pembelajaran dengan menggunakan praktikum yang sama pada setiap kelasnya, Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dengan Teknik pengambilan data yaitu rekaman video, observasi, dan wawancara informal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan format analisis kualitas keterampilan bertanya diadaptasi dari Cautinho dan Almeida (2014). Hasil penelitian ini yaitu terdapat peningkatan jumlah pertanyaan yang diungkapkan oleh mahasiswa dari kegiatan praktikum pertama hingga terakhir. Kategori kualitas keterampilan bertanya mahasiswa program studi PGSD dengan jumlah terbanyak yaitu pada pertanyaan tertutup (n=119) yang termasuk ke dalam kategori keterampilan bertanya rendah, sedangkan kategori pertanyaan terbuka yang termasuk ke dalam kategori keterampilan bertanya tingkat tinggi, memiliki jumlah yang lebih sedikit yaitu dengan jumlah 43 pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa kategori kualitas keterampilan bertanya mahasiswa program studi PGSD masih pada level kategori rendah.  

 

Kata Kunci: Keterampilan bertanya, Kualitas bertanya, Pembelajaran Sains, Mahasiswa calon guru, Praktikum

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 02 / 03 / 2019
ISSN/ISBN : 2550-0406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN BIOLOGI
Bibliography :

Cautinho,M,J., dan  Almeida,P,A.(2014). Promoting Student Questioning in The Learning of Natural Science. Procedia-Social and Behavioral Science. 3781-3785

Cazden, C. B. (2001). Classroom discourse: The language of teaching and learning. Portsmouth, NH: Heinemann.

Chin, C & Osborne, J. (2008). Students' questions: a potential resource for teaching and learning science. Studies in Science Education. 44(1).1-39.

Chin, C., & Brown, D.E. (2000). Learning deeply in science: An analysis and reintegration of deep approaches in two case studies of Grade 8 students. Research in Science Education, 30(2), 173–197.

Chin, C., & Kayalvizhi, G. (2005). What do pupils think of open science investigations? A study of Singaporean primary 6 pupils. Educational Research, 47(1), 107–126.

Chin,C. (2001). Learning in Science: What Do Students’ Questions Tell Us About Their Thinking?. Education Journal. 29(2).85-103

Chin,C. (2002).Student-Generated Questions: Encouraging Inquisitive Minds in Learning Science. Teaching and Learning. 23(1).59-67

Dillon, J. T. (1988). The remedial status of student questioning. Journal of Curricu- lum Studies, 20(3), 197–210.

Gilson, dkk. (2014). An Investigation of Elementary Teachers' Use of Follow-Up Questions for Students at Different Reading Level. Journal of Advance Academic. 25(2). 101-128.

Tisher, R. P. (1977). Practical insights gained from Australian research on teaching. Australian Science Teachers Journal, 23(2), 99–104.

Wolf, M. K., Crosson, A. C., & Resnick, L. B. (2005). Classroom talk for rigorous reading comprehension instruction. Reading Psychology, 26, 27-53.

URL :

 

Document

 
back