Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Mira Mirawati, Nita Yunita

Judul : Pengaruh Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD
Abstrak :

ABSTRACT

 

This research to study the influence self-concept and parenting pattern toward student learning independence. The research applied to PGSD students at IVE and IVF classes with 56 total samples, take with the saturation sampling technique. The conducted survey was using the causality approach. The technique data analysis used is the correlation statistical test, simple regression and double liniear regression. The hypothesis testing managed at the 0,05 significant rate.

 

The research dispatched three conclusions: First, there is a possitive and significant influence between self-concept toward student learning independence with the correlation coefficient rxy 

significant influence between parenting pattern toward student learning independence with the correlation coefficient of rxy = 48,2 and the regression equation of ̅ = 38,549 + 0,260  2. Third, there is a positive and significant influence together between self-concept and parenting pattern toward student learning independence with the correlation coefficient of rxy = 51,0 and the regression equation of ̅ = 15,356 + 0,489  1 + 0,119  2. The result of this research is the student learning independence can be improved by the self-concept and the parenting pattern.

 

Keywords: Self-Concept, Parenting Pattern, Student Learning Independence, PGSD

 

Tahun : 2018 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 2 / 2 / 2018
ISSN/ISBN : 25500406
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

Agustiani, Hendrianti. 2006. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja). Bandung: Refika Aditama.

 

Amien, A. Mappadjantji. 2005. Kemandirian

 

Lokal: Konsepsi Pembangunan, Organisasi dan Pendidikan dari Perspektif Sains Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

 

 

 

 

Ali   Mohammad   dan   Anshori   Mohammad.

2009.                 Psikologi                  Remaja.

Perkembangan Peserta Didik. Jakarta:

Bumi Aksara.

Arikunto,        Suharsimi.         1998.        Prosedur

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Astuti, Dewi Retno. 2005. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa dalam Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Semarang.

 

Azra,        Azyumardi.        2004.        “Pergeseran

 

Paradigma Pendidikan Indonesia Meresponi Globalisasi” pada Seminar Nasional Pendidikan Indonesia “Visi

 

Pendidikan          Indonesia:          Menuju

Indonesia  Baru   Melalui    Pendidikan.

Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Ayu Ratnasari, Gita. 2016.    Hubungan Antara

Motivasi dengan Kemandirian Belajar.

Skripsi pada Universitas Pakuan. Tidak

Diterbitkan.

Ayuba, Milka Pratiwi. 2013. Hubungan Pola

Asuh Orang Tua dengan Konsep Diri

Akademika       Siswa.       Skripsi        pada

Universitas Gorontalo.

 

Dariyo, Agnes. 2007. Psikologi Perkembangan

Anak Tiga Tahun Pertama (Psikologi

ATITAMA). Bandung: Refika Aditama.

Desmita.    2014.      Psikologi      Perkembangan

 

Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Widowati,   S.   Nurcahayani   Desy.   2013. Hubungan  Antara  Pola  Asuh  Orang Tua,  Motivasi  Belajar,  Kedewasaan dan    Kedisiplinan    Siswa    dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri. Skripsi pada Universitas Sebelas Maret. Djaali.  2007.  Psikologi  Pendidikan.  Jakarta:

 

Bumi aksara

Djamarah,      Syaiful       Bahri.       2004.       Pola

Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam

Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal/article/view/851

 

Document

 
back