Abstrak |
: |
Abstrak Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasi (hubungan) yang terdiri atas satu variabel bebas yaitu Motivasi Berprestasi (X) dengan satu variabel terikat yaitu Koinovatifan Guru (Y). Hipotesis penelitian ini adalah : Terdapat hubungan yang positif antara Motivasi Berprestasi dengan Keinovatifan Guru .Penelitian dilaksanakan di Gugus 2 Melati kecamatan Cipayung Kota Depok Jawa Barat Indonesia. Dari total populasi guru berjumlah 104 orang, maka diambil sebanyak 82 orang guru sebagai total sampel yang dipilih secara acak. Metode pengambilan data penelitian di lapangan menggunakan metode survey sementara itu metode statistik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi, analisis regresi sederhana. Pengukuran hipotesis diambil baik pada taraf signifikansi α = 0,05 maupun pada taraf signifikansi α = 0,01.Berdasarkan dari hasil-hasil perhitungan didapat hasil penelitian yaitu : terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Motivasi Berprestasi dengan Keinovatifan Guru dengan persamaan regresi yaitu Ŷ = 64,63 + 0,54X, koefisien korelasi (ry) sebesar 0,549, dan koefisien determinasi (ry2) sebesar 0,301 atau 30,1.Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa Keinovatifan Guru dapat ditingkatkan melalui Motivasi Berprestasi.
Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Keinovatif an Guru
|
Bibliography |
: |
Asep Djihad, Suyanto, Calon Guru dan Guru Professional, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2012)
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2003
Ihsan Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta:PT. Rineka Cipta,2005
Sahlan Asnawi, Teori Motivasi, Jakarta, Studi Press, 2007.
Saefudin Sa’ud Udin, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008
Sedarmayanti, Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja, Bandung: Maju Mundur, 2001
Usman Husaini, Manajemen:Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009
|