Repository Universitas Pakuan

Detail Karya Ilmiah Dosen

Elly Sukmanasa, Danti Damayanti

Judul : PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA KEGEMARANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Abstrak :

The research with classroom action research approach is carried out in collaboration and cycles. It is conducted in class 1A Ciheuleut 2 Elementary School, Bogor Timur with the aims of describing learning outcomes level of success in Tema 2 Kegemaranku, Sub-tema 4 Gemar Membaca Pembelajaran ke 3 through scientific approach by applying discovery learning model. The subjects of this study are a teacher with 31 students in the odd semester 2018/2019 school year. The first cycle result showed that the average value of learning outcomes of the students who achieved completeness is 16 students (48%), while 15 students (32%) have not. Meanwhile, In the second cycle there are 27 students (87%) who achieved completeness, and 4 students (13%) have not yet achieved it yet. In the first cycle learning process, the students changing behavior values were 48% which was considered good enough, and in the second cycle the average score is 80% with good category. From the results of this study it can be concluded that the application of discovery learning in Tema 2 Kegemaranku, Subtema 4 Gemar Membaca, Pembelajaran 3 in class 1A Ciheuleut 2 Elementary School, Bogor Timur improves the changes of students behavior.

Keywords: Discoveri Learning; Peserta Didik; Tema Kegemaranku

Tahun : 2019 Media Publikasi : Jurnal Nasional Blm Akreditasi
Kategori : Jurnal No/Vol/Tahun : 1 / 2 / 2019
ISSN/ISBN : e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941
PTN/S : Universitas Pakuan Program Studi : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Bibliography :

1] Sri Hastuti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Rejosari Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Karya Ilmiah MahaPeserta Didik Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP. Vol.2. No.2.

[2] Rosarina, Gina, Sudin, Ali Dan Sujana, Atep. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1

[3] Irma Cintia, Nichen, Kristin, Firosalia & Anugraheni, Indri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discover Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 1 April 2018.

[4] Setiawan, Veri Dan Istiqomah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

[5] Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

[6] Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[7] Rodiawati, LIlis. 2015. Perbandingan Koneksi Matematika Peserta Didik Antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Pembelajaran Knisley. Dalam Jurnal Euclid, ISSN 2355-1712, vol.3, No.2, pp. 549

[8] Burais, Listika, dkk. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning. Dalam Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355-4185 77, Vol. 3, No.1, Tahun 2016, pp 80

[9] Gultom, Syawal. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. (Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud, 2014), hal 37

[10] Dina, Arifatud. dkk. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK. Dalam JKPM, ISSN: 2339-2444, Vol.2 No.1, Tahun 2015, pp.24

[11] Narayani, Dsk. Pt. Rimang, dkk. 2015. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Menurut Pendekatan Saintifik Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5. Dalam e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume. 3 No.1, Tahun 2015

[12] Hamzah, Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

[13] Ina Azariya Yupita. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.1 No. 2.

[14] A.Supriyadi. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Metode Discovery Learning Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Sungai Ambawang Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2 No. 8

[15] Erna Eryani. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Sikap Percaya Diri Pada Tema Diri Sendiri Sub. Tema Tubuhku Peserta Didik Kelas 1 Sdn 16 Babakan Ciparay Kota Bandung. Skripsi(S1) Thesis, Fkip Unpas. http://repository.unpas.ac.id/5939/. Diakses tanggal 20-10-2018

 

URL : https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/989

 

Document

 
back